Kamis, 06 Januari 2022

Materi Kelas 4A, Kamis 6 Januari 2022

 


 Hari/Tanggal              : Kamis, 6 Januari 2022

Tema                          : 6 (Cita- Citaku)

Sebtema                     : 1 (Aku dan Cita-citaku)

Pembelajaran             : 6

Alat Peraga                : Video

Kompetensi Dasar   :  BI; 3.6 dan 4.6, SBdP ; 3.2 dan 4.2.

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? Semoga di pembelajaran semester ini kita lebih semangat dalam belajar. Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya  ya nak 💪😘

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..!

Bahasa Indonesia

Menunjukan Isi Puisi

Pada pembelajaran sebelumnya, anak anak yang sholeh dan sholehah telah memahami pengertian

ciri-ciri puisi, dan makna puisi.  pada hari kamis ini kita akan belajar tentang menunjukkan isi puisi. 

Menunjukkan isi puisi dapat dilakukan dengan membaca puisi secara keseluruhan, dan menunjukkan 

makna puisi yang terkandung didalamnya. 

Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah. 

jadi, kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi. 

           Berikut contoh puisi dan makna yang terkandung dalam sebuah puisi "Hidupku Penuh 

Warna  Karya : D. Karitas". 

Hidupku Penuh Warna

Karya: D.Karitas

Bukit-bukit itu membiru dari jauh

Laut itu pun membiru dari jauh

Mereka terlihat sama

Walaupun berbeda

Keduanya indah

Keduanya memesona

Walaupun berbeda

Keduanya tak terpisah

Aku, kamu, dan kalian

Cita-cita kita mungkin berbeda

Bukan siapa yang berlebihan

Tapi kita akan bersama meraihnya

Hidupku penuh warna

Seperti pelangi di bawah langit

Berbeda itu indah

Yang membuat kita bersyukur pada Ilahi

Makna yang terkandung dalam puisi di atas adalah : Ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha 

Esa .atas karunianya yang telah menciptakan berbagai hal indah dan menarik. 

SBdP

Menyanyikan Lagu Sesuai Tempo dan Tinggi Rendah Nada

  Pada pembelajaran sebelumnya, anak anak yang sholeh dan sholehah telah mempelajari tempo 

dan tinggi rendah nada. 

sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya.

Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya. 

Saat bernyanyi, tempo dan tinggi rendah nada sangat berpengaruh pada lagu. Jika lagu yang kita 

nyanyikan sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nadanya, maka lagu akan terdengar merdu.            

         Mari ananda sekalian simak Video lagu Indonesia Pusaka berikut !

           👉https://youtu.be/Epdmgek9jQ8

Tugas :

👉 Nyanyikan lagu indoneisa pusaka (Video kan dan kirim ke whatsap kelas)

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada kolom komentar blog  Ibu  resky

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas  4 A

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru resky

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru )


Rabu, 05 Januari 2022

Materi Kelas 4A, Rabu 5 Januari 2022

 


 Hari/Tanggal        : Rabu , 5 Januari  2022

Tema                           : 6 ( Cita- citaku )

Subtema                      : 1 (Aku dan Cita -citaku )

Pembelajaran              : 5 ( lima )

Alat Peraga                 : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar :  BI ;3.6 dan 4.6 SBDP; 3.2 dan  4.2  PPKN 3.3 dan 4.3


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? Semoga di pembelajaran semester ini kita lebih semangat dalam belajar. Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya  ya nak 💪😘

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..!

Bahasa Indonesia

Menceritakan Kembali Isi Puisi 

Kamu telah belajar cara menjelaskan makna puisi pada setiap bait nya di pembelajaran sebelum nya .Sekarang , ayo belajar menceritakan kembali isi puisi secara keseluruhan .oleh sebab itu ,untuk  dapat menceritakan kembali  isi puisi secara keseluruhan kita perlu memahami makna puisi dengan benar.Agar kamu dapat menciratakan kembali isi puisi dengan benar ,lakukan hal berikut .

1.Cermati makna puisi pada setiap bait nya !

2. Tuliskan makna dari setiap bait puisi yang kamu baca!

3. Gabungkan seluruh makna yang kamu temukan dalam puisi tersebut ke dalam sebuah tulisanmu tersebut !

Contoh :

Bacalah kutipan puisi berikut !

Perkakas dan oli menjadi kawan nya sehari-hari

Pakean kotor pun ia tak peduli

Semua dilakukan sepenuh hati

Demi mendapat sedikit rezeki 

 Kutipan puisi tersebut menceritakan tentang montir .Dalam puisi tersebut juga diceritakan bahwa seorang montir bekerja dengan semangat agar mendapat rezeki untuk kehidupan sehari-hari.

SBDP ;

Menjelaskan Tempo dan Tinggi Rendah Nada

Selain belajar tentang ketukan ,jonas juga belajar tentang tempo dan tinggi rendah nada.Setiap lagu memiliki tempo yang berbeda beda .Ada yang bertempo cepat ,sedang,dan lambat. Tanda tempo dalam lagu biasanya ditulis dibagian atas sebelah kiri .

  • Istilah atau tanda tempo

          1.    Largo         = lambat sekali    
          2.    Lento          = lebih lambat    
          3.    Adagio        = lambat         
          4.    Andante      = sedang    
          5.    Presto         = cepat sekali 
          6.    Moderato   = sedang agak cepat
          7.    Allegro       = cepat
          8.    Vivace       = lebih cepat


Dalam menyanyikan  kita harus memperhatikan tinggi dan rendah nya nada.unruk membedakan tinggi rendah nada ucapkan nada nada lagu berikut !

Contoh lagu Tempo Cepat



Contoh lagu Tempo Lambat


PPKN ;

Seperti yang kita ketahui, keberagaman karakteristik individu bisa berbentuk apa saja, nah dibawah ini ada beberapa bentuk karakteristik individu yang bisa kamu temui di lingkungan sekitar kamu. Beserta dengan manfaatnya:

1. Jenis kelamin. 

Yang pertama ada perbedaan jenis kelamin. Dengan karakteristik individu ini kita bisa membedakan peranan dalam kehidupan. Misalnya sebagai laki-laki, ketika ada kegiatan gotong royong, akan bisa menjalankan berbagai kegiatan yang lebih membutuhkan fisik. Sedangkan perempuan akan bisa membantu pekerjaan yang lebih ringan

2. Ras / Suku.

Perbedaan suku/ras dapat memperkaya budaya suatu negara atau lingkungan, dan dengan mempelajari budaya-budaya yang berbeda ini wawasan kita tentang Nusantara bertambah , selain itu kita dapat belajar memahami dan mengetahui karakteristik ras dan suku.

3. Pengetahuan dan kecerdasan.

Tentu saja setiap orang memiliki kecerdasan yang harus  diasah, keberagaman ini akan membawa banyak hal positif. Yang lebih pintar akan bisa membantu teman-teman yang masih belum paham, sehingga nantinya akan terbentuk lingkungan yang baik.

4. Keyakinan atau agama.

Setiap orang memiliki kepercayaan dan agama nya masing-masing. Melalui keberagaman karakteristik individu ini kita bisa belajar untuk saling menghormati satu sama lain. Sekaligus hidup rukun bertetangga tanpa membeda-bedakan keyakinan atau agama yang dianut oleh tetangga kita.

5. Hobi

Keberagaman yang satu ini akan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga rasa ingin belajar bersama untuk bisa melaksanakan hobi masing-masing.

6. Umur

Keberagaman usia bisa menumbuhkan rasa saling menyayangi dan menghormati. Yang lebih tua akan menyayangi serta bisa membimbing yang lebih muda, dan yang yang muda akan berusaha menghormati yang lebih tua.

7. Kepribadian

Hal ini bisa menciptakan hidup rukun satu sama lain / kita bisa mengetahui sifat sifat atau karakter dari orang. Kita juga bisa mengatur sikap apabila berjumpa dengan orang tertentu.

Tugas !

Kerjakan dibuku Tematik dan semangat dalam mengerjakan jangan lupa membaca materi yang ibu berikan pasti mampu menjawab soal yang bu resky berikan !💪

1.Ciri fisik yang paling mudah untuk membedakan antara suku yang ada di sekitar kita yaitu ….
a. sifat
b. agama
c. baju adat
d. pekerjaan

2.Profesi yang diharapkan seseorang di masa mendatang disebut …..
a. impian
b. cita-cita
c. khayalan
d. imajinasi

Perhatikan puisi di bawah ini !

              CITA.CITAKU
Karya: Ira Akhadi

Jika sudah tercapai umurku
Aku ingin menjadi seperti dirimu
Yang senantiasa mengabdikan tenagamu
Untuk para pasienmu

Tidak takut tertular penyakit
Tidak takut dengan jarum suntik
Berani mengambil risiko
Karena keberanian adalah modal utamamu

3.Jumlah bait pada puisi yang berjudul Cita Citaku di atas terdiri dari …. bait
a. 2
b. 3
c. 4
d. 8

4.Langkah pertama dalam menyusun sebuah karya puisi adalah ….
a. menentukan jumlah bait
b. menentukan diksi
c. menentukan tema
d. menentukan judul

5.Kelompok hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ….
a. Nyamuk dan katak
b. Lipas dan jangkrik
c. Capung dan lalat
d. Belalang dan kupu kupu

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada kolom komentar blog  Ibu resky

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4a

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru Resky

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru resky)



Selasa, 04 Januari 2022

Materi Kelas 4A, Selasa 4 Januari 2022

 

 Hari/Tanggal        : Selasa , 4 Januari  2022

Tema                           : 6 ( Cita- citaku )

Subtema                      : 1 (Aku dan Cita -citaku )

Pembelajaran              : 3 dan 4

Alat Peraga                 : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar :  IPS ;3.1 dan 4.1  BI ;3.6 dan 4.6  PPKN;3.3 dan 4.3


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? Semoga di pembelajaran semester ini kita lebih semangat dalam belajar. Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya  ya nak 💪😘

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..!

IPS
Menjelaskan Sumber Daya Alam (SDA)

Beternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia.  Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hasil hewan ternak yang dapat dimanfaatkan berupa telur, daging, susu, dan kulitnya. Pemanfaatan tersebut tergantung jenis ternaknya.
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.


Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.



 
Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.
Sumber daya alam ada berbagai macam. 
Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui,  ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber tetapi daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.

PPKN

Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan ciat-cita memperkaya masyarakat Indonesia.
Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia.  Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh.  Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda.  
Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya.  Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri.  Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

  






Bahasa Indonesia

Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasa nya sangat di tentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. 

Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. 

Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang disebut bait puisi. Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima. 

Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas 4 baris dengan rima a-ba-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata. 
Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-ide pendukung. peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.
 Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung didalamnya .

                         
Hidupku Penuh Warna
Karya: D.Karitas

Bukit-bukit itu membiru dari jauh
Laut itu pun membiru dari jauh
Mereka terlihat sama
Walaupun berbeda
Keduanya indah
Keduanya memesona
Walaupun berbeda
Keduanya tak terpisah
Aku, kamu, dan kalian
Cita-cita kita mungkin berbeda
Bukan siapa yang berlebihan
Tapi kita akan bersama meraihnya
Hidupku penuh warna
Seperti pelangi di bawah langit
Berbeda itu indah
Yang membuat kita bersyukur pada Ilahi

1.Apa judul puisi tersebut? Siapakah pengarangnya?

Judul puisi tersebut adalah “Hidupku Penuh Warna” dan pengarangnya adalah D. Karitas

2.Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut?

Yang saya bayingkan ketika membaca judul puisi tersebut adalah kehidupan penulis puisi penuh dengan keanekaragaman warna sendiri-sendiri

3.Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?

Menurut saya isi puisi tersebut adalah mengenai keanekaragaman dan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur kepada Tuhan. Dengan begitu kita bias saling menghargai satu sama lain yang berbeda-beda

4.Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?

Jumlah bait dalam puisi tersbut adalah 4 bait

5.Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?

Jumlah baris dalam setiap bait adalah 4 baris

6.Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!

Rima bait pertama: a – a – b – b

Rima bait kedua: a – a – a – a

Rima bait ketiga: a – a – a – a

Rima bait keempat: a – a – b – b

Tugas :

1. Sebutkan hasil dari gambar  materi SDA di atas!
2. Sebutkan 3 suku yang ada dilingkungan tempat tinggalmu!
3. Buatlah satu pantun yang berbentuk puisi yang terdiri dari 4 baris,dan untuk sajak nya a-b a-b !



Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada kolom komentar blog  Ibu Resky

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4 C

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru Resky

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru resky)


Senin, 03 Januari 2022

Assalamu'alaikum wr wb sholeh sholehah bu guru seluruh kelas 4..serta wali murid. Hari ini sementara waktu pembelajaran TIK belum dimulai ya. Difokuskan ke tematik terlebih dahulu. Sementara waktu bu resky mengajar dikelas 4A. Terimakasih atas pengertiannya bapak ibu🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Materi Kelas 4A, Senin 3 Januari

  

Hari/Tanggal        : Senin , 3 Januari  2022

Tema                           : 6 ( Cita- citaku )

Subtema                      : 1 (Aku dan Cita -citaku )

Pembelajaran              : 1 dan 2

Alat Peraga                 : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar :  B.Indonesia : 3.6 dan 4.6 , IPA : 3.2 dan 4.2  SBdP : 3.2 dan 4.2




Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? Semoga di pembelajaran semester 2 ini kita lebih semangat dalam belajar. Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya  ya nak 💪😘

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak..!

Bahasa Indonesia :
 Mengenal puisi dan Ciri -Cirinya.

 Puisi adalah karya sastra tertulis yang isinya mengungkapkan perasaan seseorang penyair.
 
  • Puisi memiliki ciri, yaitu penyusunan baris dan bait, serta bahasanya terikat oleh irama dan rima.

           a.    Baris dan bait
                  Puisi biasanya tersusun dalam bentuk bait- bait, dalam suatu bait puisi terdapat beberapa baris kata atau kalimat.
           b.    Irama dan rima
                  Irama adalah keselarasan bunyi pada puisi yang dibentuk oleh pergantian tekanan kata. Irama berhubungan dengan panjang                      pendeknya bunyi serta kemerduan bunyi saat membacakan puisi.
                  Rima adalah persamaan bunyi yang ada dalam baris- baris puisi.

  • Jenis Rima ada 4

           1.    Rima a-b-a-b            3. Rima a-a-b-b
           2.    Rima s-b-b-a            4. Rima a-a-a-a

                Cita-Citaku

Anganku melayang ke masa depan

Aku ingin menjadi seorang guru

Guru adalah pejuang ilmu di garis depan

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu


Aku akan berusaha mencapai cita-cita

Tak kan lelah aku mencari ilmu

Tak kan aku berpangku tangan saja

Demi tercapainya cita-citaku

IPA

Mengamati Siklus  Hidup Makhluk Hidup 

  • Perubahan bentuk tubuh makhluk hidup yang terjadi dalam siklus hidupnya disebut metamorfosis.                                                     
  • Metamorfosis dibagi menjadi 2 yaitu:

           a.    Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami tahap bentuk pupa contohnya kupu- kupu.


    b.    Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang tidak mengalami tahap bentuk pupa, contohnya belalang



Pertumbuhan adalah perubahan bentuk tubuh karena adanya pertamabahan tinggi dan berat badan. Perkembangan adalah proses pematanagn fungsi alat tubuh seperti alat perkembangbiakan, kemampuan gerak, kemampuan berbicara, dan kemampuan berfikir.        


Perhatikan siklus hidup kucing dan ayam !


SBDP

Tempo lagu digunkan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu.
Tempo lagu juga dugunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut.

  • Istilah atau tanda tempo

          1.    Largo         = lambat sekali    
          2.    Lento          = lebih lambat    
          3.    Adagio        = lambat         
          4.    Andante      = sedang    
          5.    Presto         = cepat sekali 
          6.    Moderato   = sedang agak cepat
          7.    Allegro       = cepat
          8.    Vivace       = lebih cepat

Tugas:

-Buatalah vidio Puisi dengan judul 'Cita-Citaku'

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada kolom komentar blog  Ibu resky

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 4 A

3. Mengirimkan dokumentasi Hasil Tugas ke WhatsApp Ibu guru Resky

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru resky)


© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu