Selasa, 05 November 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Selasa 5 November 2024

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Menggunakan elemen seni rupa berupa warna primer dan sekunder


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^


📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah memepelajari materi tentang  cara menyimak cerita serta kita juga akan mempelajari tentang identitas diri.

Adakah yang masih ingat identitas diri terdiri dari hal apa saja? Yaps Good job, salah satu yang ada di dalam identitas diri adalah nama lengkap, umur, dan hobi kitaa anak-anak. Nah, pada hari ini kita akan belajar matematika yaitu tentang operasi hitung penjumlahand an pengurangan dengan cara bersusun ke bawah, selain itu kita juga akan mempelajari macam-macam warna.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^



📌 Materi Matemtika





Penjumlahan (Addition)

  • Penjumlahan itu seperti menggabungkan dua kelompok benda.
  • Contoh: Jika kamu punya 3 buah apel, lalu diberi 2 buah apel lagi, maka kamu punya 3 + 2 = 5 buah apel.
  • Gambar apples: 3 apples + 2 apples = 5 apples

Pengurangan (Subtraction)

  • Pengurangan itu seperti mengurangi jumlah benda.
  • Contoh: Jika kamu punya 5 buah permen, lalu kamu makan 2 buah permen, maka sisanya adalah 
  • 5 - 2 = 3 buah permen.


LATIHAN SOAL







📌Materi Seni Rupa


WARNA


Pengenalan Warna Dasar

  • Apa itu warna?
    • Warna adalah sesuatu yang membuat benda terlihat berbeda-beda.
    • Warna bisa membuat kita senang, sedih, atau tenang.

Warna-warna dasar:

  • Merah: Seperti warna apel, tomat, atau mobil pemadam kebakaran.
  • Biru: Seperti warna langit, laut, atau baju seragam sekolah.
  • Kuning: Seperti warna matahari, pisang, atau bunga matahari.
  • Hijau: Seperti warna rumput, daun, atau semangka.
  • Ungu: Seperti warna bunga lavender, anggur, atau balon ulang tahun.

Warna Panas

  • Ciri-ciri: Memberikan kesan hangat, semangat, dan energi.
  • Contoh warna: Merah, oranye, kuning.
  • Efek psikologis: Membangkitkan semangat, gairah, dan perhatian. Sering digunakan untuk menonjolkan sesuatu atau menciptakan suasana yang ceria.
  • Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Matahari, api, makanan pedas.

Warna Dingin

  • Ciri-ciri: Memberikan kesan tenang, sejuk, dan damai.
  • Contoh warna: Biru, hijau, ungu.
  • Efek psikologis: Menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan menciptakan suasana yang nyaman. Sering digunakan untuk menciptakan kesan luas dan kedalaman.
  • Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Langit, laut, salju.

Warna Netral

  • Ciri-ciri: Tidak memiliki karakteristik warna panas atau dingin yang kuat.
  • Contoh warna: Putih, hitam, abu-abu, cokelat.
  • Efek psikologis: Menyeimbangkan warna-warna lain, menciptakan latar belakang yang netral, dan memberikan kesan elegan.
  • Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Dinding, lantai, pakaian formal.

Perbandingan warna panas, dingin, dan netral





📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Senin, 04 November 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Senin 4 November 2024

 ðŸ“Œ Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
   1. Menyimak suatu cerita
         2. Mengenal identitias dirinya sendiri dan teman disekitar

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
    1. peserta didik dapat memahami kata dari suatu gambar
    2. Peserta didik dapat mengenal identitas dirinya dan teman di sekitarnya.

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi

  • Peserta didik mampu mengenal dirinya sendiri dan teman di sekitarnya. Peserta didik mampu menceritakan identitas dirinya dan menceritakan identitas teman di sekitarnya. 

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Alhamdulillah pada pertemuannya sebelumnya kita telah memepelajari materi tentang hak dan kewajiban anak di sekolah serta belajar tentang bagaiamana cara menyimak cerita. 

Adakah yang masih ingat apas aja contoh hak dan kewajiban anak di sekolah? Yaps Good job, salah satu contoh hak anak di sekolah yaitu mendapatkan pembelajaran dari bapak dan ibu guru.. Nah, pada hari ini kita masih akan mempelajari tentang cara menyimak cerita serta kita juga akan mempelajari tentang identitas diri.

Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^


📌Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^

        

       Mengenal identitas diri adalah fondasi penting dalam perkembangan anak. Dengan memahami siapa       dirinya, anak akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. 

        Apa Saja yang Termasuk dalam Identitas Diri?
        Identitas diri bisa mencakup:
  1.         Nama: Nama panggilan, nama lengkap, dan arti nama.
  2.         Ciri fisik: Tinggi badan, warna kulit, bentuk wajah, warna rambut, dan ciri khas lainnya
  3.         Ciri non-fisik: Hobi, minat, bakat, sifat, dan perasaan.
  4.         Keluarga: Orang tua, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
  5.         Lingkungan: Tempat tinggal, sekolah, dan teman-teman.
        
        Mengapa Penting Mengenal Identitas Diri Sejak Dini?
        Mengenal identitas diri sejak dini sangat penting untuk membantu anak:
  1.        Merasa lebih percaya diri: Dengan memahami siapa dirinya, anak akan lebih berani dalam berinteraksi dengan orang lain.
  2.       Membangun hubungan sosial: Memahami perbedaan dan persamaan dengan orang lain membantu anak membangun hubungan yang baik.
  3.       Mengembangkan rasa memiliki: Anak akan merasa lebih terhubung dengan keluarga, teman, dan lingkungannya.
  4.       Menumbuhkan rasa tanggung jawab: Memahami diri sendiri akan mendorong anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.

    Latihan 





📌 Materi Bahasa Indoenesia

Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^



Menyimak cerita adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Dengan kegiatan menyimak cerita, kita dapat meningkatkan kemampuan bahasa, imajinasi, dan pengetahuan.

Apa Saja yang Perlu Disampaikan dalam Menyimak Cerita?

  • Judul cerita: Ajarkan anak untuk selalu mengingat judul cerita.
  • Tokoh cerita: Siapa saja tokoh dalam cerita? Apa karakteristik masing-masing tokoh?
  • Alur cerita: Apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita?
  • Pesan moral: Apa yang dapat kita pelajari dari cerita tersebut?


Latihan:



📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menceritakan tentang identitas dirinya sendiri,serta peserta didik juga sudah mampu untuk menyimak dan memahami isi dari suatu gambar dan cerita singkat, namun kendala yang dihadapi yaitu pada saat mengerjakan latihan membaca dan menyimak cerita, beberapa peserta didik masih memerlukan waktu yang lama untuk membaca dan menuliskan cerita dikarenaka membaca masih terbata-bata. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu guru memberikan wajtu tambahan dan membantu peserta didik yang bersangkutan untuk memahami isi dari cerita yang dibacanya.





Jumat, 01 November 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Jum'at 1 November 2024

Welcome to Grade IC

Nama Guru                 : Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran           : Seni Rupa

Kelas / Semester         : 1C / 1

Hari, Tanggal              : Jum'at, 1 November 2024


بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…
 

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

How are you today, anak sholeh sholehah bu guru? InsyaAllah sehat semua dan pasti semangat ya nak untuk melaksanakan pembelajaran pada hari ini. Ayo anak anak bu guru sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar ya agar kita semua mendapat keberkahan dan kemudahan dalam proses pembelajaran nanti. Silahkan untuk ananda Arva sebagai ketua kelas agar memimpin teman-temannya berdoa. Yang khusyuk ya nak, berdoa dimulai.. 

                                                     

   Aamiin Yarabbal Alamin

Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran dan buku cetak

#. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menyelesaikan masalah terkait pengurangan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.


    #  Tujuan Pembelajaran (TP):
  1. Peserta didik dapat menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.

    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.



#  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelum nya kita sudah mempelajari tentang garis garis . untuk mebuar benda kita menggunakan bermacam garis , benda akan terlihat indah bila diberi wrna. Oke pada hari ini kita akan belajar tentang wrna .Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.







Materi Seni Rupa


WARNA


Pengenalan Warna Dasar

  • Apa itu warna?
    • Warna adalah sesuatu yang membuat benda terlihat berbeda-beda.
    • Warna bisa membuat kita senang, sedih, atau tenang.

Warna-warna dasar:

  • Merah: Seperti warna apel, tomat, atau mobil pemadam kebakaran.
  • Biru: Seperti warna langit, laut, atau baju seragam sekolah.
  • Kuning: Seperti warna matahari, pisang, atau bunga matahari.
  • Hijau: Seperti warna rumput, daun, atau semangka.
  • Ungu: Seperti warna bunga lavender, anggur, atau balon ulang tahun.

Warna Panas

  • Ciri-ciri: Memberikan kesan hangat, semangat, dan energi.
  • Contoh warna: Merah, oranye, kuning.
  • Efek psikologis: Membangkitkan semangat, gairah, dan perhatian. Sering digunakan untuk menonjolkan sesuatu atau menciptakan suasana yang ceria.
  • Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Matahari, api, makanan pedas.

Warna Dingin

  • Ciri-ciri: Memberikan kesan tenang, sejuk, dan damai.
  • Contoh warna: Biru, hijau, ungu.
  • Efek psikologis: Menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan menciptakan suasana yang nyaman. Sering digunakan untuk menciptakan kesan luas dan kedalaman.
  • Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Langit, laut, salju.

Warna Netral

  • Ciri-ciri: Tidak memiliki karakteristik warna panas atau dingin yang kuat.
  • Contoh warna: Putih, hitam, abu-abu, cokelat.
  • Efek psikologis: Menyeimbangkan warna-warna lain, menciptakan latar belakang yang netral, dan memberikan kesan elegan.
  • Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Dinding, lantai, pakaian formal.

Perbandingan warna panas, dingin, dan netral





© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu