Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila & Seni Rupa
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 5 September 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menulis kalimat tanya menggunakan tulisan tegak bersambung dan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang bentuk geometri (bangun datar) dan jumlah bulu burung garuda. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, GambarLambang Garuda Pancasila, Kartu Simbol dan Bunyi Sila (Flashcard Pancasila), LKPD Menocokkan Simbol dan Sila, Video lirik Lagu Garuda Pancasila
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
- Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalamlambang negara Garuda Pancasila
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
- Murid dapat mengenal lambang negara dan simbol-simbol Pancsila.
- Murid dapat menyebutkan bunyi dan simbol setiap sila-sila Pancasila
- Murid dapat menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila dengan tepat..
📌Materi Pendidikan Pancasila
Mengenal Garuda Pancasila.dan Jumlah Bulu pada Garuda Pancasila
· “Siapa yang tahu burung apa ini?”
· “Apa yang istimewa dari burung Garuda ini?”
· “Menurut kalian, mengapa bulu pada burung Garuda Pancasila dihitung dengan jumlah tertentu?”
1. 1. Mengenal Garuda Pancasila
· Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia.
· Burung Garuda melambangkan kekuatan, keberanian, dan kejayaan bangsa Indonesia.
· Di dada Garuda ada perisai yang berisi lambang Pancasila.
· Kaki Garuda mencengkeram pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”, artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
2. Jumlah Bulu pada Garuda Pancasila
Burung Garuda memiliki jumlah bulu yang tidak sembarangan. Setiap bulu punya makna.
Bagian Garuda | Jumlah Bulu |
Sayap kanan | 17 bulu |
Sayap kiri | 17 bulu |
Ekor | 8 bulu |
Leher | 45 bulu |
3. Makna Hubungan Jumlah Bulu dengan Kemerdekaan
Jika digabungkan, jumlah bulu Garuda menjadi angka 17 – 8 – 1945.
👉 Itu adalah tanggal 17 Agustus 1945, hari kemerdekaan bangsa Indonesia.
· 17 : Tanggal 17
· 8 : Bulan Agustus
· 1945 : Tahun kemerdekaan Indonesia
4. Nilai Sikap yang Dapat Diteladani
Dengan mengenal makna jumlah bulu Garuda, kita bisa meneladani beberapa sikap baik, antara lain:
· Cinta tanah air: selalu bangga menjadi warga Indonesia.
· Menghargai jasa pahlawan: karena mereka berjuang hingga Indonesia merdeka.
· Persatuan: meskipun berbeda-beda, tetap satu bangsa Indonesia.
· Tanggung jawab: menjaga nama baik bangsa dan negara.
✨ Kesimpulan:
Garuda Pancasila bukan hanya lambang negara, tetapi juga mengingatkan kita akan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, serta menumbuhkan sikap cinta tanah air, persatuan, dan tanggung jawab.
Latihan Soal :
1. Berapa jumlah bulu sayap kanan pada Garuda Pancasila?
- Berapa jumlah bulu sayap kiri pada Garuda Pancasila?
- Berapa jumlah bulu pada ekor Garuda Pancasila?
- Berapa jumlah bulu pada leher Garuda Pancasila?
- Tuliskan hubungan jumlah bulu Garuda Pancasila dengan tanggal kemerdekaan Indonesia!
📌Materi Seni Rupa
Bidang Tidak Beraturan (bentuk organic)
Mengenal Bentuk Organik
Bentuk organik adalah bentuk yang tidak teratur dan biasanya ditemukan di alam.
Contoh bentuk organik:
· Daun
· Bunga
· Awan
· Batu
· Air yang mengalir
Ciri-ciri:
· Bentuknya bebas dan tidak beraturan
· Bentuk ini sering kita lihat di alam
Teknik Cetak Menggunakan Bahan Alam
Teknik cetak adalah cara membuat gambar dengan menempelkan benda ke kertas.
Bahan alam yang bisa digunakan:
· Daun
· Bunga
· Rumput
· Buah-buahan kecil
Cara Membuat Karya Cetak dengan Bahan Alam:
1. Pilih daun atau bunga yang ingin dicetak.
2. Celupkan benda tersebut ke cat air atau pewarna.
3. Tempelkan ke kertas secara perlahan agar bentuknya terlihat.
4. Ulangi dengan warna atau bentuk yang berbeda.
5. Buat susunan hasil cetakan menjadi gambar yang cantik dan menarik.
Tugas Praktik
Judul Tugas: Teknik Cetak dari Bentuk Organik di alam
Instruksi untuk Murid:
1. Ambillah daun, bunga, atau rumput yang ada di sekitar sekolah atau rumahmu.
2. Celupkan benda tersebut ke dalam cat air atau pewarna alami.
3. Cetakkan ke atas kertas gambar yang telah disiapkan.
4. Buatlah susunan cetakan menjadi menarik.
5. Bersihkan meja dan alat setelah selesai.
6. Tuliskan judul dan nama benda yang kamu gunakan di bawah karyamu.
Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar