Senin, 22 Juli 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Senin 22 Juli 2024

 Welcome to Grade IC

(Ibu Guru Muslana & Ibu Guru Resky Kusumawardati)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

                                                          Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamin

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1.      Mengenali abjad

2.      Mengenali huruf kapital dan huruf kecil

3.      Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b'

4.      Menulis huruf ‘B’ dan ‘b'

5.      Mengenal simbol sila PancasilaMengenal sila-sila

Tujuan Pembelajaran (TP):

1.      Peserta didik dapat mengenali abjad

2.      Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’

3.      Peserta didik dapat menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’

4.      Peserta didik dapat mengenal simbolPeserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila

Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

BAHASA INDONESIA

Melafalkan Huruf Bersama-sama

Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf. Tanyakan kepada para peserta didik, apakah mereka dapat melakukannya sendiri.

Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.

gambar terkait abjad yang dapat dilafalkan oleh peserta didik

Mengidentifikasi Bentuk Huruf pada Deret Abjad

  1. Tanyakan beberapa huruf kepada seorang peserta didik. Apabila ia belum dapat menjawab pertanyaan, tawarkan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  2. Ajak peserta didik untuk membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
  3. Peserta didik bisa diminta untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru.
  4. Minta peserta didik untuk mengidentifikasi abjad pada kata-kata ‘bola’, ‘biru’, ‘Boni’, dan ‘batu’.
  5. Lakukan kegiatan membaca huruf ini secara rutin setiap sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia, hingga seluruh peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil.

 

gambar terkait huruf kapital dan huruf kecil


Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad. Tunjuklah setiap abjad dan lafalkan bunyinya. Ajak peserta didik menirukannya.


PENDIDIKAN PANCASILA


                                                            Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊

Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik


Amatilah gambar di bawah ini!

Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu