Rabu, 17 September 2025

Materi Ajar Kelas 2B, Rabu 17 September 2025


 Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Pendidikan Anti Korupsi & Pendidikan Pancasila

Kelas / Semester : 2B / 1

Hari, Tanggal : Rabu, 17 September 2025

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang informasi dari sebuah grafik dan operasi hitung soal cerita penjumlahan dan pengurangan. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang pengamalan nilai - nilai pancasila dan juga sikap adil serta menulis informasi dari sebuah grafik. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.


📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, contoh poster, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

  3. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
  2. Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
  3. Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
  4. Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.

📌 Materi PAK
SIKAP ADIL



Sikap adil berarti memperlakukan semua orang secara sama, tidak memihak, dan memberikan haknya sesuai porsinya. Ini adalah salah satu sikap baik yang perlu dipelajari sejak dini.


Pengertian Sikap Adil

Sikap adil adalah sikap tidak memihak kepada siapa pun. Artinya, kita harus memperlakukan semua teman, guru, atau keluarga dengan cara yang sama, tanpa membedakan mereka. Adil juga berarti memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan apa yang seharusnya mereka terima. Misalnya, jika ada dua anak yang sama-sama membantu, kita harus memberikan pujian atau hadiah kepada keduanya, bukan hanya salah satu.


Contoh Sikap Adil dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut beberapa contoh sikap adil yang bisa kita terapkan:

  • Saat bermain: Berikan kesempatan yang sama kepada semua teman untuk ikut bermain. Jangan hanya memilih teman yang jago. Misalnya, dalam permainan sepak bola, semua teman harus dapat giliran untuk menendang bola.

  • Saat berbagi: Bagilah makanan atau mainan dengan rata kepada semua teman. Misalnya, jika kamu membawa kue, bagilah potongan yang sama besar kepada setiap temanmu.

  • Saat di rumah: Patuhi aturan yang sama dengan kakak atau adikmu. Orang tua juga harus adil dengan memberikan kasih sayang dan perhatian yang sama kepada semua anaknya.

  • Saat menjadi pemimpin: Jika kamu dipilih menjadi ketua kelas, dengarkan pendapat semua teman. Jangan hanya mendengarkan pendapat dari teman-teman yang paling kamu sukai.


Manfaat Sikap Adil

Menerapkan sikap adil membawa banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

  • Disukai teman: Sikap adil membuat kita dipercaya dan disukai oleh banyak teman karena mereka merasa dihargai.

  • Hidup rukun: Jika semua orang bersikap adil, tidak akan ada pertengkaran atau perselisihan. Hidup menjadi lebih damai dan rukun.

  • Menjadi orang yang lebih baik: Sikap adil melatih kita untuk menjadi orang yang jujur dan bertanggung jawab.

Maka dari itu, mari kita selalu berusaha untuk bersikap adil dalam setiap hal yang kita lakukan.


LATIHAN SOAL :

1. Jelaskan yang dimaksud dengan sikap Jujur!

2. Tuliskan contoh sikap jujur dilingkungan sekolah!

3. Jelaskan yang dimaksud dengan sikap Disiplin!

4. Tuliskan contoh sikap tanggung jawab dirumah!

5. Jika kamu mendapat kue lebih banyak daripada temanmu, apa yang sebaiknya kamu lakukan agar adil?


📌Materi Pendidikan Pancasila



  • Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)

    1. Nilai Pancasila di Sekolah

      • Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.

      • Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.

      • Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.

      • Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.

      • Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.

    2. Cara Menceritakan Kembali

      • Gunakan bahasa yang sederhana.

      • Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.

      • Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).

      • Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.

    3. Contoh Cerita Pendek
      Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.

  • LKPD:

  • Memahami cara mendapatkan informasi dari sebuah grafik

    • “Anak-anak, kalian pernah melihat grafik? Misalnya grafik jumlah siswa yang suka apel, jeruk, dan mangga. Grafik bisa membantu kita mengetahui informasi dengan cepat. Pernahkah kalian memperhatikan grafik seperti itu?”



  • Apa Itu Grafik?

  • Grafik adalah gambar yang bisa bercerita. Ada banyak jenis grafik, seperti grafik batang dan grafik lingkaran. Semua grafik punya cerita, tapi ceritanya bukan dengan kata-kata, melainkan dengan gambar dan angka.


  • Cara Membaca Grafik

  • Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat melihat grafik:

    1. Judul Grafik: Judulnya ada di bagian atas. Judul ini yang memberitahu kita, grafik ini bercerita tentang apa. Misalnya, "Jumlah Mainan Favorit".

    2. Sumbu X dan Y:

      • Sumbu X ada di bawah, mendatar. Sumbu X berisi nama-nama hal yang dihitung, misalnya nama mainan seperti "boneka", "bola", dan "robot".

      • Sumbu Y ada di samping, tegak lurus. Sumbu Y berisi angka-angka, misalnya "1", "2", "3", dan seterusnya. Angka ini yang menunjukkan berapa banyak setiap benda.

    3. Melihat Batang atau Bagian Lainnya: Lihat gambar atau batang pada grafik. Misalnya, pada grafik batang, lihat batang mana yang paling tinggi? Batang yang paling tinggi berarti jumlahnya paling banyak. Batang yang paling pendek berarti jumlahnya paling sedikit.

  • Contoh Sederhana

    • Lihat batang untuk rasa cokelat. Batangnya sampai angka 5. Artinya, ada 5 orang yang suka rasa cokelat.

    • Lihat batang untuk rasa vanila. Batangnya sampai angka 3. Artinya, ada 3 orang yang suka rasa vanila.

    • Lihat batang untuk rasa stroberi. Batangnya sampai angka 8. Artinya, ada 8 orang yang suka rasa stroberi.

    Dengan melihat grafik, kita bisa langsung tahu bahwa rasa stroberi adalah yang paling banyak disukai karena batangnya paling tinggi. Jadi, grafik membantu kita melihat dan membandingkan angka dengan lebih mudah dan cepat.




  • LATIHAN SOAL

  • BUKU CERDAS MERDEKA HALAMAN 33



  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN
    1. Bahasa Indonesia
      Peserta didik mengerjakan latihan soal pilihan ganda di buku Cerdas Merdeka. Siswa berusaha menjawab dengan teliti, sebagian besar sudah dapat mengerjakan dengan baik, namun beberapa masih perlu bimbingan agar lebih cermat.

    2. Pendidikan Anti Korupsi
      Peserta didik mengerjakan latihan soal tentang sikap adil, disiplin, bertanggung jawab, dan jujur. Siswa dapat menyebutkan contoh sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari, meskipun ada yang masih perlu diberi contoh lebih konkret.

    3. Pendidikan Pancasila
      Peserta didik mengerjakan LKPD mencari kosakata yang berkaitan dengan pengamalan Pancasila. Siswa tampak antusias dalam menemukan kata-kata yang sesuai dan mampu menghubungkannya dengan sikap sehari-hari.

    Kesimpulan:
    Pembelajaran berjalan lancar. Peserta didik aktif, menunjukkan pemahaman yang baik pada materi, serta mampu menghubungkan nilai-nilai karakter dengan praktik kehidupan sehari-hari.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    © SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu