Senin, 22 Juli 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Senin 22 Juli 2024

 Welcome to Grade IC

(Ibu Guru Muslana & Ibu Guru Resky Kusumawardati)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

                                                          Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamin

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1.      Mengenali abjad

2.      Mengenali huruf kapital dan huruf kecil

3.      Merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b'

4.      Menulis huruf ‘B’ dan ‘b'

5.      Mengenal simbol sila PancasilaMengenal sila-sila

Tujuan Pembelajaran (TP):

1.      Peserta didik dapat mengenali abjad

2.      Peserta didik dapat merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’

3.      Peserta didik dapat menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’

4.      Peserta didik dapat mengenal simbolPeserta didik dapat mengenal sila-sila Pancasila

Capaian Pembelajaran (CP):

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan seharihari.

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

BAHASA INDONESIA

Melafalkan Huruf Bersama-sama

Bacalah huruf secara berurut dengan menunjuk pada poster abjad di kelas atau kartu huruf. Tanyakan kepada para peserta didik, apakah mereka dapat melakukannya sendiri.

Sebagai variasi, peserta didik dapat diminta untuk menyanyikan lagu abjad.

gambar terkait abjad yang dapat dilafalkan oleh peserta didik

Mengidentifikasi Bentuk Huruf pada Deret Abjad

  1. Tanyakan beberapa huruf kepada seorang peserta didik. Apabila ia belum dapat menjawab pertanyaan, tawarkan kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  2. Ajak peserta didik untuk membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
  3. Peserta didik bisa diminta untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru.
  4. Minta peserta didik untuk mengidentifikasi abjad pada kata-kata ‘bola’, ‘biru’, ‘Boni’, dan ‘batu’.
  5. Lakukan kegiatan membaca huruf ini secara rutin setiap sebelum memulai pembelajaran Bahasa Indonesia, hingga seluruh peserta didik mengenali bunyi serta bentuk huruf kapital dan huruf kecil.

 

gambar terkait huruf kapital dan huruf kecil


Setelah itu, perkenalkan bunyi masing-masing abjad. Tunjuklah setiap abjad dan lafalkan bunyinya. Ajak peserta didik menirukannya.


PENDIDIKAN PANCASILA


                                                            Yuk, nyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan penuh semangat😊

Video ini adalah video lagu Garuda Pancasila yang dapat dinyanyikan peserta didik


Amatilah gambar di bawah ini!

Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rabu, 17 Juli 2024

Kegiatan MPLS hari ketiga, Rabu 17 Juli 2024

Welcome to Grade IC

(Ibu Guru Muslana & Ibu Guru Resky)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

APERSEPSI

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari pertama masuk sekolah? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan MPLS pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

      Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamin

Baik selanjutnya bu guru akan memberi informasi berikut ini adalah Rundown Kegiatan MPLS hari ketiga :



Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selasa, 16 Juli 2024

Kegiatan MPLS Hari Kedua, Selasa 16 Juli 2024

 Welcome to Grade IC

(Ibu Guru Muslana & Ibu Guru Resky)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

APERSEPSI

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari pertama masuk sekolah? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan MPLS pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

      Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamin

Baik selanjutnya bu guru akan memberi informasi berikut ini adalah Rundown Kegiatan MPLS hari kedua :



Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 15 Juli 2024

Kegiatan MPLS Hari Pertama, Senin 15 Juli 2024

Welcome to Grade IC

(Ibu Guru Muslana & Ibu Guru Resky)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

APERSEPSI

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari pertama masuk sekolah? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan MPLS pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

      Aamiin, Aamiin Ya Rabbal Alamin

Baik selanjutnya bu guru akan memberi informasi berikut ini adalah Rundown Kegiatan MPLS hari pertama :


Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sabtu, 29 Juni 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Senin 29 Juli 2024

 1. Alur Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dalam kata.
Menyebutkan simbol dan sila-sila Pancasila.
- Menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila.

2. Tujuan Pembelajaran 
- Melalui kegiatan mengenali huruf abjad, peseta didik dapat menulis nama sendiri.
Peserta didik dapat menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

3. Capaian Pembelajaran
- Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

4. Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.B.. How are you today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa anak sholeh sholehah Aamiin. 
Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah surat terlebih dahulu yaa sholeh sholehah.

5. Apersepsi
Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang angka 0-10, ada yang bisa menuliskan huruf angka 3? iyaa benar huruf angka 3 adalah TIGA.  Nah, untuk hari ini kita akan belajar menulis nama sendiri dan simbol simbol Pancasila dengan benar. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa..

6. Materi Pembelajaran

Baik ananda sholeh sholehah, apakah kalian sudah memahami huruf konsonan dan vokal. Untuk melatih kemampuan kalian, 
mari kerjakan latihan menulis nama ananda sholeh sholehah sendiri..

Dan untuk pendidikan pancasila kalian masih mempelajari simbol simbol Pancasila, mari kerjakan latihan dan nanti ananda Sholeh Sholehah maju kedepan untuk menceritakan tentang simbol-simbol Pancasila.

7. Refleksi Pembelajaran 
Alhamdulillah ananda sholeh-sholehah kita sudah mempelajari materi menulis nama sendiri dan simbol simbol pancasila, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjutnya ananda sholeh sholehah

8. Penutup :

Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini,  Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!!

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu