Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Pendidikan Anti Korupsi & Pendidikan Pancasila
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Rabu, 20 Agustus 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang mendengarkan secara aktif dan sopan saat orang lain berbicara atau membaca teks dan mengurutkan serta membandingkan bilangan. nah pada hari ini kita akan ..... . Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, gambar bendera merah putih, Video lirik lagu Indonesia raya, LKPD. potongan kertas merah-putih
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
- Peserta didik dapat mengenali dan menggambarkan ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia.
- Peserta didik dapat memahami makna warna merah dan putih pada bendera
Sikap Tanggung Jawab dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Pengertian Tanggung Jawab
-
Tanggung jawab adalah sikap mau melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh.
-
Tanggung jawab bisa dilakukan di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan sekitar.
2. Contoh Tanggung Jawab di Rumah
-
Merapikan tempat tidur setelah bangun.
-
Membantu orang tua sesuai kemampuan.
-
Menjaga barang-barang pribadi agar tidak hilang.
3. Contoh Tanggung Jawab di Sekolah
-
Mengerjakan PR tepat waktu.
-
Mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh.
-
Menjaga kebersihan kelas.
-
Mematuhi peraturan sekolah.
4. Contoh Tanggung Jawab di Lingkungan
-
Membuang sampah pada tempatnya.
-
Ikut kerja bakti membersihkan lingkungan.
-
Tidak merusak tanaman atau fasilitas umum.
5. Manfaat Sikap Tanggung Jawab
-
Hidup lebih teratur.
-
Disukai teman dan guru.
-
Dipercaya orang tua dan orang lain.
-
Membuat hati merasa tenang dan senang.
“Coba lihat gambar ini, menurut kalian anak ini sedang merasa apa?”
“Apa yang kira-kira membuat dia merasa seperti itu?”
“Pernahkah kalian merasa seperti itu juga? Kapan?”
A. Mengidentifikasi Perasaan Tokoh pada Cerita
Perasaan tokoh dapat dilihat dari:
· Ucapan tokoh
· Tindakan tokoh
· Raut wajah tokoh
· Kejadian yang dialami tokoh
Contoh:
Cerita: "Rina tersenyum lebar saat ayah membelikan es krim."
Perasaan tokoh: Senang.
Alasan: Ayah membelikan es krim.
B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Menggunakan Tanda Baca Titik
Langkah-langkah:
· Dengarkan atau baca cerita dengan saksama.
· Ingat urutan kejadian dari awal sampai akhir.
· Ulangi cerita dengan kata-kata sendiri.
· Gunakan kalimat yang diakhiri tanda titik (.) pada setiap pernyataan.
Contoh:
Cerita asli: "Andi pergi ke pasar bersama ibu. Ia membantu ibu membawa belanjaan. Mereka membeli sayur dan buah."
Cerita kembali:
"Andi pergi ke pasar bersama ibu. Ia membantu ibu membawa belanjaan. Mereka membeli sayur dan buah."
LATIHAN!
Mengerjakan Latihan soal pilihan ganda pada Modul Cerdas Merdeka📌Materi Pendidikan Pancasila
Mengenal Simbol dan Sila Pancasila
📗 Lambang Negara Indonesia
- Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila.
- Garuda adalah burung besar berwarna emas, lambang kekuatan dan kejayaan.
- Di bagian dada Garuda terdapat perisai yang berisi 5 simbol Pancasila.
- Cakar Garuda mencengkeram pita bertuliskan:
- "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya: Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
📗 Bunyi dan Simbol Lima Sila Pancasila
No | Bunyi Sila | Simbol di Perisai Garuda | Makna Sederhana |
1 | Ketuhanan Yang Maha Esa | 🌟 Bintang Emas | Percaya kepada Tuhan |
2 | Kemanusiaan yang adil dan beradab | ⛓️ Rantai Emas | Saling menghargai sesama manusia |
3 | Persatuan Indonesia | 🌳 Pohon Beringin | Menjaga persatuan dan kesatuan |
4 | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan... | 🐃 Kepala Banteng | Musyawarah dan bermufakat |
5 | Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia | 🌾 Padi dan Kapas | Hidup adil dan sejahtera bersama |
Latihan :
REFLEKSI DAN KESIMPULAN
- Bahasa Indonesia : Peserta didik mengerjakan latihan soal pada buku Cerdas Merdeka. Sebagian besar siswa mampu memahami instruksi dengan baik dan menyelesaikan soal dengan teliti. Masih ada beberapa siswa yang perlu bimbingan untuk membaca soal dengan lebih cermat agar jawaban lebih tepat.
- Pendidikan Pancasila : Peserta didik belajar mengenai makna sila-sila Pancasila. Mereka dapat menyebutkan bunyi sila dan memberikan contoh sederhana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membantu siswa menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam sikap dan tindakan sehari-hari.
- Pendidikan Anti Korupsi : Peserta didik mempelajari sikap tanggung jawab. Melalui diskusi, mereka mampu menyebutkan contoh tanggung jawab di rumah maupun di sekolah, seperti mengerjakan tugas tepat waktu dan menjaga kebersihan kelas.
Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan dengan baik. Peserta didik tampak antusias, aktif menjawab pertanyaan, serta mampu mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-harii









Tidak ada komentar:
Posting Komentar