Rabu, 05 November 2025

Bahasa Indonesia & Matematika

     Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru                : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia & Matematika

Kelas / Semester        : 2B / 1 

Hari, Tanggal             : Kamis, 6 November 2025


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah latihan soal mengenai kata awalan "di" , sikap peduli dan aturan dirumah. Oke hari ini kita melanjutkan menulis tegak bersambung tentang kalimat menggunakan kata depan "di" dan matematika tentang pengukuran berat benda, oke pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


📌 Metode dan Media ajar

o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD


    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.  Murid menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3.   Murid dapat mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

1.  Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3. Mengenal aturan di  lingkungan keluarga


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi sikap mandiri di lingkungan rumah dan sekolah.

6. Murid didik dapat mengenal aturan di  lingkungan keluarga / rumah



MATERI BAHASA INDONESIA

1. Konsep Dasar Bahasa

Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:

  • Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
  • Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.

Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.

2. Kata Depan “di” (Preposisi)

Ciri-ciri:

  • Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
  • Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
  • Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Buku ada di meja

Menunjukkan lokasi buku

Ibu memasak di dapur

Menunjukkan tempat aktivitas

Kucing tidur di bawah kursi

Menunjukkan posisi kucing

🧠 Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.

3. Awalan “di-” (Prefiks)

Ciri-ciri:

  • Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
  • Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
  • Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Pintu itu dibuka ayah

Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu

Surat itu dikirim Dina

Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain

Lantai disapu setiap pagi

Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek 


Soal Latihan :

Naya belajar di sekolah dengan penuh semangat.



MATERI MATERMATIKA



📘 1. Pengertian Berat Benda

  • Berat benda adalah ukuran yang menunjukkan seberapa berat atau ringan suatu benda.
  • Untuk mengetahui berat suatu benda, kita menimbangnya menggunakan timbangan.
  • Contoh:
    • Sebuah apel terasa lebih ringan dari semangka.
    • Jadi, berat semangka lebih besar daripada apel.

🧮 2. Alat Ukur Berat Benda

Ada beberapa alat yang digunakan untuk mengukur berat benda, misalnya:

  • Timbangan jarum (timbangan dapur) → untuk benda ringan seperti buah, gula, atau tepung.
  • Timbangan duduk → untuk benda yang agak berat, misalnya beras, sayur, atau daging.
  • Timbangan badan → untuk menimbang berat tubuh manusia.

🪙 3. Satuan Berat Benda

Satuan yang digunakan untuk menyatakan berat benda antara lain:

Satuan Berat

Singkatan

Keterangan

Kilogram

kg

Untuk benda berat (misalnya: beras 1 kg, gula 2 kg)

Gram

g

Untuk benda ringan (misalnya: apel 200 g, sabun 150 g)

Hubungan antar satuan:

1 kilogram = 1.000 gram

Contoh:

  • 500 gram = ½ kilogram
  • 250 gram = ¼ kilogram

🍎 4. Contoh Berat Beberapa Benda

Nama Benda

Berat

Apel

200 gram

Jeruk

150 gram

Gula pasir

1 kilogram

Telur

60 gram

Semangka

3 kilogram

💬 5. Membandingkan Berat Benda

Kita dapat membandingkan berat dua benda dengan menggunakan kata:

  • lebih berat
  • lebih ringan
  • sama beratnya

Contoh:

  • Apel lebih berat dari pisang.
  • Jeruk lebih ringan dari mangga.
  • Dua apel sama beratnya dengan satu jeruk besar.

Kesimpulan

  • Berat benda menunjukkan seberapa berat atau ringan suatu benda.
  • Alat ukur berat: timbangan.
  • Satuan berat: gram (g) dan kilogram (kg).
  • 1 kg = 1000 g.
  • Dalam menimbang, kita harus jujur dan teliti agar hasilnya benar

Selanjutnya, setelah murid memahami materi ini, bisa dilanjutkan dengan kegiatan praktik menimbang buah agar konsep berat benda lebih mudah dipahami secara nyata.

 

REFLEKSI & KESIMPULAN PEMBELAJARAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu