Selasa, 04 November 2025

Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia & P. Anti Korupsi

    Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru                : Fitka Afrillita, S.Pd. & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran         : Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia & P. Anti Korupsi

Kelas / Semester        : 2B / 1

Hari, Tanggal             : Rabu, 5 November 2025


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah latihan membuat kalimat menggunakan kata depan di serta pengukuran panjang pendek dan berat benda. hari ini kita akan mempelajari masih tentang materi membuat kalimat menggunakan kata awalan di , sikap peduli dan aturan dirumah. Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ..

📌 Metode dan Media ajar

o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD

 

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.  Murid menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3.   Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di Lingkungan keluarga.

📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

1.  Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3. Mengenal aturan di  lingkungan keluarga

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi sikap mandiri di lingkungan rumah dan sekolah.

6. Murid didik dapat mengenal aturan di  lingkungan keluarga / rumah


MATERI PENDIDIKAN PANCASILA


A. Pengertian Aturan di Rumah

Aturan di rumah adalah hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan agar semua anggota keluarga hidup rukun, tertib, dan saling menghargai.


B. Contoh Aturan di Rumah

  1. Bangun pagi tepat waktu.

  2. Merapikan tempat tidur setelah bangun.

  3. Membantu orang tua di rumah.

  4. Makan bersama dengan sopan.

  5. Tidak berteriak atau bertengkar dengan saudara.

  6. Mengerjakan PR sebelum bermain.

  7. Tidur tepat waktu.


C. Manfaat Mematuhi Aturan di Rumah

  • Rumah menjadi nyaman dan damai.

  • Semua pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

  • Keluarga menjadi rukun dan saling menyayangi.

  • Anak menjadi disiplin dan bertanggung jawab.


D. Kegiatan Belajar

  1. Sebutkan 3 aturan yang ada di rumahmu!

  2. Ceritakan apa yang terjadi jika kamu tidak mematuhi aturan di rumah.

  3. Tuliskan satu aturan baru yang ingin kamu buat di rumahmu.



Materi PAK

1.   Pengertian Sikap Peduli

   Sikap peduli adalah rasa perhatian dan keinginan untuk membantu orang lain atau menjaga lingkungan sekitar.
Orang yang peduli tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga memperhatikan kebutuhan dan perasaan orang lain.

🗣 Contohnya:

  •       Menolong teman yang kesulitan.
  •       Mengajak teman yang sendirian untuk bermain bersama.
  •       Memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah.
  •       Menghemat penggunaan air dan listrik.

2. Sikap Peduli dan Anti Korupsi

      Sikap peduli adalah dasar penting untuk mencegah korupsi.
Orang yang peduli akan berbuat jujur, adil, dan tidak merugikan orang lain.
Jika semua orang peduli, maka tidak ada yang mau mengambil hak orang lain atau berbuat curang.

     🧩 Hubungannya:

  •      Orang yang tidak peduli bisa saja membiarkan ketidakjujuran terjadi.
  •     Orang yang peduli akan menegur dan mencegah perbuatan tidak jujur, seperti menyontek atau mengambil barang yang bukan miliknya.

3.    Contoh Sikap Peduli di Kehidupan Sehari-hari

Di Rumah

Di Sekolah

Di Lingkungan

Membantu orang tua

Menolong teman jatuh

Ikut kerja bakti

Tidak boros listrik

Berbagi alat tulis

Menjaga kebersihan taman

Mengingatkan adik untuk jujur

Mengingatkan teman agar tidak menyontek

Menyumbang bagi yang membutuhkan


💬 Nilai Anti Korupsi yang Berkaitan

  •       Kejujuran: Tidak menutupi kesalahan.
  •       Tanggung Jawab: Melakukan tugas dengan baik.
  •       Kepedulian: Peka terhadap keadaan sekitar.
  •       Keadilan: Tidak merugikan orang lain.


MATERI BAHASA INDONESIA


🌿 Materi Inti: Mengenal Kata Depan dan Awalan “di”

1. Konsep Dasar Bahasa

Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:

  • Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
  • Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.

Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.

2. Kata Depan “di” (Preposisi)

Ciri-ciri:

  • Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
  • Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
  • Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Buku ada di meja

Menunjukkan lokasi buku

Ibu memasak di dapur

Menunjukkan tempat aktivitas

Kucing tidur di bawah kursi

Menunjukkan posisi kucing

🧠 Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.

3. Awalan “di-” (Prefiks)

Ciri-ciri:

  • Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
  • Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
  • Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Pintu itu dibuka ayah

Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu

Surat itu dikirim Dina

Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain

Lantai disapu setiap pagi

Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek 


Soal Latihan :

  1. Buatlah satu kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar ambil!
    Contoh: ___________

  2. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar buka
    Contoh: ___________

  3. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar lihat
    Contoh: ___________

  4. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar buat!
    Contoh: ___________

  5. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar tulis!
    Contoh: ___________


REFLEKSI DAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    1.       Bahasa Indonesia
      Pada pembelajaran hari ini, peserta didik belajar membuat kalimat menggunakan kata berawalan di-, seperti dibersihkan, ditulis, dan dikerjakan. Siswa berlatih membedakan awalan di- dengan kata depan di. Sebagian besar siswa sudah mampu menggunakan awalan di- dengan tepat dalam kalimat, meskipun beberapa masih perlu bimbingan untuk menuliskannya tanpa spasi.

    2.       Pendidikan Anti Korupsi (Sikap Peduli)
      Siswa diajak memahami dan mempraktikkan sikap peduli, baik kepada teman, lingkungan sekolah, maupun di rumah. Melalui cerita dan diskusi, anak-anak menunjukkan sikap saling membantu serta berbagi dengan teman yang membutuhkan.

    3.       Pendidikan Pancasila (Aturan di Rumah)
      Peserta didik juga membahas aturan-aturan yang berlaku di rumah, seperti membantu orang tua, merapikan tempat tidur, dan berbicara sopan. Siswa dapat memberikan contoh aturan yang diterapkan di rumah masing-masing dengan baik.

    Kesimpulan:
    Pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Peserta didik aktif, antusias, dan mampu memahami materi dengan baik. Guru akan terus memberikan bimbingan agar siswa semakin teliti dalam menulis kata berawalan di- serta semakin terbiasa menerapkan sikap peduli dan disiplin terhadap aturan di rumah.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu