Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila & Seni Rupa
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 7 November 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan STS . Nah hari ini kita melanjutkan materi latihan soal tentang aturan dirumah dan membuat kolase pohon sakura. Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di Lingkungan keluarga.
2. Murid menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Mengenal aturan di lingkungan keluarga
2. Menilai karya (gambar, kolase, patung) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, kolase, patung) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid didik dapat mengenal aturan di lingkungan keluarga / rumah
2. Mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).
3. Membandingkan dan membuat karya seni rupa
4. Menjelaskan secara sederhana alasan ia menyukai atau memberi saran pada karya tersebut.
MATERI PENDIDIKAN PANCASILA
A. Pengertian Aturan di Rumah
Aturan di rumah adalah hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan agar semua anggota keluarga hidup rukun, tertib, dan saling menghargai.
B. Contoh Aturan di Rumah
Bangun pagi tepat waktu.
Merapikan tempat tidur setelah bangun.
Membantu orang tua di rumah.
Makan bersama dengan sopan.
Tidak berteriak atau bertengkar dengan saudara.
Mengerjakan PR sebelum bermain.
Tidur tepat waktu.
C. Manfaat Mematuhi Aturan di Rumah
Rumah menjadi nyaman dan damai.
Semua pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.
Keluarga menjadi rukun dan saling menyayangi.
Anak menjadi disiplin dan bertanggung jawab.
D. Kegiatan Belajar
Sebutkan 3 aturan yang ada di rumahmu!
Ceritakan apa yang terjadi jika kamu tidak mematuhi aturan di rumah.
Tuliskan satu aturan baru yang ingin kamu buat di rumahmu.
🎨 Pengertian Kolase
Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan cara menempelkan berbagai bahan (seperti kertas, biji-bijian, kain, daun kering, atau potongan majalah) pada sebuah bidang dasar, hingga membentuk gambar yang indah.
🍇 Tema Kolase: Buah Anggur
Kita akan membuat gambar buah anggur dengan cara menempelkan bahan-bahan sederhana agar terlihat seperti buah anggur sungguhan.
- Potong bahan kolase
Gunting kertas warna ungu menjadi potongan kecil berbentuk bulat untuk buah anggurnya.
Gunting kertas warna hijau menjadi bentuk daun dan tangkai. - Tempelkan potongan kertas
Oleskan lem pada gambar buah anggur, lalu tempel potongan kertas ungu hingga menutupi seluruh bagian buah. - Tempel daun dan tangkai
Tempel potongan kertas hijau pada bagian atas sebagai daun dan tangkainya. - Rapikan hasil karya
Setelah lem kering, rapikan pinggiran kolase. Boleh tambahkan garis tepi dengan spidol agar lebih jelas.
1. Pengertian Menilai Karya Seni Rupa
Menilai karya seni rupa berarti memberi tanggapan atau pendapat tentang suatu karya seni, seperti gambar, lukisan, kolase, atau patung.
Tujuannya bukan untuk mencari salah, tetapi menghargai dan belajar dari karya tersebut.
2. Hal-Hal yang Dinilai dalam Karya Seni Rupa
Guru dapat menampilkan beberapa karya (misalnya lukisan anak, kolase, atau hasil cetak stensil), lalu murid menilai dengan memperhatikan:
| Aspek yang Dinilai | Contoh Pertanyaan |
|---|---|
| Keindahan (Estetika) | Apakah gambar atau warna yang digunakan indah dan menarik? |
| Kerapian | Apakah karya dibuat dengan hati-hati dan tidak berantakan? |
| Kreativitas | Apakah idenya unik dan berbeda dari yang lain? |
| Pesan atau Makna | Apa yang ingin disampaikan dari karya tersebut? |
| Kesesuaian Tema | Apakah karya sesuai dengan tema yang diberikan guru? |
3. Cara Memberi Penilaian dengan Sikap Baik
Guru mencontohkan cara berpendapat dengan sopan, misalnya:
“Saya suka warnanya karena terlihat cerah.”
“Gambarnya rapi sekali, tapi mungkin bisa ditambahkan warna di bagian langit.”
“Karya ini terlihat menarik karena bentuknya unik.”
Refleksi untuk Murid
Karya siapa yang paling kamu sukai? Mengapa?
Apa yang kamu pelajari setelah melihat karya teman?
Bagaimana perasaanmu saat karyamu dilihat dan dihargai teman-teman?

Tidak ada komentar:
Posting Komentar