Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Kelas / Semester : 1C / 1
Hari, Tanggal : Kamis, 5 September 2024
Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
Tujuan Projek:
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.
- Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
- Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
- Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
- Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 Target Projek
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya
3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi
Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kgeiatan kontekstual taitu mengenal mahkota siger dalam wujud asli, Nah, untuk hari ini kita akan belajar membuat poster tentang keberagaman budaya yang ada di Inodnesia yang dikemas dalam bentuk poster :Bhineka Tunggal Ika". Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN 6
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 05 September 2024
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Membuat Poster Bhineka Tungggal Ika
Peran Pendidik : Fasilitator dan Narasumber
Persiapan :
1. Pendidik menyiapkan video pembelajaran tentang menghargai keberagaman (suku, agama, dan hobi)
2. Pendidik menyiapkan karton putih, stiker dna hiasan untuk poster
Pelaksanaan :
1. Pendidik mengajak peserta didik mengingat berbagai keragaman yang ada di Indonesia
2. Pendidik memberikan pertanyaan:
a. Apa saja keberagaman yang terdapat pada teman-teman di kelasmu?
b. Apa saja ciri-ciri yang membedakan kalian dengan teman di kelasmu?
3. Peserta didik menyaksikan video animasi “Berbeda itu Indah”
4. Tanya jawab mengenai keberagaman dalam perbedaan yang ada dalam video tersebut
5. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi bersama temannya didalam kelompok
6. Peserta didik diminta untuk berdiskusi mengenai perbedaan yang ada pada teman sekelompoknya
7. Setelah selesai berdiskusi, peserta didik diminta untuk mnggambar poster mengenai ragam budaya seperti poster yang sudah disediakan oleh pendidik
LEMBAR KERJA PERTEMUAN 6
TUGAS 1
TABEL PERBEDAAN
PETUNJUK
Isilah tabel sesuai dengan keragamannya!
Nama Kelompok :
Kelas :
No. | Nama Anggota | Agama | Suku | Hobi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TUGAS 2
MENGGAMBAR POSTER BHINEKA TUNGGA IKA
PETUNJUK
Buatlah poster ragam budaya sesuai gambar berikut!
Nama :
Kelas :
RUBRIK PENILAIAN:
No | Nama | Menggambar | Menggambar | Hanya | Hanya |
|
| dengan rapi, | dengan rapi, | menggambar | menggambar |
|
| terdapat tulisan, | mewanai dengan | saja, tidak diberi | saja, namun |
|
| dan mewanai | warna yang | warna namun | tidak diberi |
|
| dengan warna | menarik namun | terdapat tulisan | warna dan |
|
| yang menarik | tidak terdapat |
| tulisan |
|
|
| tulisan |
|
|
|
| PB | C | B | SB |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: PB (Perlu Bimbingan), C (Cukup), B (Baik), SB (Sangat Baik).
Refleksi Pembelajaran
Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran P5 membuat kolase menggunakan kertas origami membentuk mahkota siger lampung dengan baik. Peserta didik dapat menggunting kertas origami masing-masing dan menempelkannya di kertas bergambar siger yang sudah dibagikan. Dan dapat menyelesaikan tepat waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar