Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Kelas / Semester : 1C / 1
Hari, Tanggal : Kamis, 26 September 2024
Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaan sehingga melahirkan sikap saling menghargai, menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.
- Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati keberagaman suku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
- Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah di Indonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
- Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
- Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 Target Projek
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya
3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan P5 sebelumnya kita sudah melaksanakan kgeiatan membuat poster BHineka Tunggal Ika, Nah, untuk hari ini kita akan belajar membuat kolase mahkota siger dengan menggunakan kertas origami/kertas marmer. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN 9
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 26 September 2024
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Merancang design mahkota siger dan kopiah emas dari kardus (2)
Peran Pendidik : Fasilitator dan Narasumber
Persiapan:
1. Pendidik menyiapkan gambar mahkota siger dan kopiah emas
Pelaksanaan:
1. Pendidik menampilkan gambar mahkota siger dan kopiah lampung
2. Pendidik menampilkan cara membuat mahkota siger dari bahan kardus:
3. Pendidik memberikan penjelasan sederhana mengenai cara membuat mahkota siger.
4. Bersama Pendidik, peserta didik mencoba membuat design atau sketsa mahkota siger dan kopiah emas Lampung seperti yang ada pada video.
LEMBAR KERJA PERTEMUAN 8
MEMBUAT SKETSA MAHKOTA SIGER DAN KOPIAH EMAS
Alat dan Bahan:
· Kardus
· Pensil
· Penggaris
· Spidol
· Gunting
Langkah-Langkah:
1. Peserta didik menyiapkan alat dan bahan
2. Pendidik memberikan gambar contoh sketsa mahkota siger kepada peserta didik
3. Peserta didik mulai membuat sketsa sesuai dengan contoh gambar dan video.
4. Setelah menjadi sketsa mahkota siger dan kopiah emas, peserta didik menebalkan garis sketsa
5. Peserta didik mengguting kardus mengikuti sketsa tersebut.
Hasil Percobaan:
Peserta didik akan membuat skestsa mahkota siger dan mahkota emas dengan tepat sesuai dengan gambar contoh yang diberikan. Peserta didik akan menggunting kardus sesuai dengan skesta.
📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat sketsa siger menggunakan kertas marmer warna emas dan menempelkannya ke kardus bentuk siger dengan mandiri. Namun ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memotong bentuk siger. Tindak lanjut dari permasalahan tersebut yaitu guru memberikan bimbingan secara invidu kepada peserta didik yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar