Selasa, 03 September 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Selasa 3 September 2024

  Welcome to Grade IC

Nama Guru                 : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran           : Matematika, Pend. Anti Korupsi & Seni Budaya

Kelas / Semester         : 1C / 1

Hari, Tanggal              : Selasa, 3 September 2024


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

   Aamiin Yarabbal Alamin

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

        1. Menirukan gerakan dalam lagu

 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Melakukan operasi hitung penjumlahan yang hasilnya 10

  2. Menggunakan unsur rupa garis dan bentuk geometris dalam karya 2 atau 3 dimensi

    #.  Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menentukan penjumlahan yang hasilnya 10 dengan benar
  2. Peserta didik dapat memahami bahwa berbagai jenis bentuk dibentuk oleh berbagai macam garis. 
  3. Peserta didik dapat membuat bentuk geometris (segitiga, segiempat, lingkaran, oval, trapesium) dan bentuk organik
    #.  Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya

Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang aturan dirumah dan disekolah serta mengenal tanda tanya dan tanda seru. Ada yang masih ingat apa saja aturan dirumah ? iya benar salah satunya ada berpamitan kepada orang tua ketika berangkat ke sekolah. Oke mari kita mulai pembelajaran hari ini. Semangat ananda sholih sholehah dalam KBM^^.



#.  Materi Matemtika


Perhatikan video berikut ini! 



Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok bilangan menjadi satu kelompok yang lebih besar. Hasil dari penggabungan ini disebut jumlah.

Perhatikan gambar berikut:

-          Ada berapa jari yang terbuka?

-          Ada berapa jari yang tertutup?

-          Jadi semuanya ada berapa?



LATIHAN SOAL
Y



📌Materi Seni Rupa


GARIS MEMBUAT BENTUK




Tentu, berbagai macam garis dapat membentuk beragam bentuk yang sangat luas dan beragam. Bentuk-bentuk ini bisa sangat sederhana hingga kompleks, tergantung pada bagaimana garis-garis tersebut disusun dan dikombinasikan. Salah satu contoh bentuknya yaitu Geometris.

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis. Bentuk-bentuk ini memiliki garis sudut yang pasti, tegas, lurus, serta teratur. Sederhananya, bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang bisa kita hitung dan ukur.

Contoh Bentuk Geometris Dasar:


LATIHAN
Buatlah bentuk bentuk geometris di buku gambar kalian dengan benar dan rapi sesuai dengan bentuknya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu