Rabu, 25 September 2024

Materi Ajar Kelas 1C, Rabu 25 September 2024



Welcome to Grade I
C

Nama Guru                 : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran           : Matematika & Pendidikan Pancasila

Kelas / Semester         : 1C / 1

Hari, Tanggal              : Rabu, 25 September 2024


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

   Aamiin Yarabbal Alamin

      📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
  1. Menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

  2. Memahami contoh kesepakatan keals


    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan bilangan cacah 1 - 10 dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  2. Peserta didik dapat membuat kesepakatan kelas

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  • Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman   dan   memiliki   intuisi   bilangan   (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  • Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang soal cerita penjumlahan dan membuat kesepakatan kelas bersama. Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang konsep operasi hitung pengutangan yang hasilnya 1-10 serta hak dan kewajiban anak di rumah. Serta cara membuat kesepakata kelas Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Pendidikan Pancasila


Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^


\


Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Apa itu hak? Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita dapatkan.

Apa itu kewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan.

Hak Anak di Rumah

Sebagai anak, kamu punya banyak hak, seperti:

  • Mendapat kasih sayang: Orang tua harus sayang sama kamu.
  • Diperlakukan dengan adil: Kamu dan saudara-saudaramu harus diperlakukan sama.
  • Mendapat makanan yang cukup: Kamu harus kenyang setiap hari.
  • Mendapat perhatian: Orang tua harus memperhatikanmu.
  • Dilindungi dan dijaga: Kamu harus merasa aman di rumah.
  • Belajar: Kamu berhak belajar dan bermain.

Kewajiban Anak di Rumah

Selain punya hak, kamu juga punya kewajiban, seperti:

  • Menghormati orang tua: Kamu harus sayang dan patuh pada orang tua.
  • Membantu pekerjaan rumah: Bantu ibu atau ayah membersihkan rumah.
  • Belajar dengan rajin: Kamu harus rajin belajar agar pintar.
  • Menjaga kebersihan diri: Mandi, sikat gigi, dan potong kuku.
  • Bermain dengan sopan: Jangan ganggu teman bermainmu.

Contoh kegiatan sehari-hari yang menunjukkan hak dan kewajiban:

  • Pagi hari: Bangun tidur, mandi, sarapan (hak untuk sehat), lalu membantu ibu menyiapkan meja makan (kewajiban).
  • Siang hari: Belajar dengan rajin (hak untuk pintar), kemudian bermain dengan adik (kewajiban menyayangi saudara).
  • Sore hari: Membantu ayah membersihkan halaman (kewajiban), lalu menonton televisi bersama keluarga (hak untuk bersenang-senang).
  • Malam hari: Tidur yang cukup (hak untuk sehat), setelah berdoa (kewajiban).

Mengapa kita harus tahu tentang hak dan kewajiban?

Dengan mengetahui hak dan kewajiban, kita bisa:

  • Hidup rukun: Kita bisa hidup bahagia bersama keluarga.
  • Menjadi anak yang baik: Kita akan disayang oleh orang tua dan teman-teman.
  • Berkembang dengan baik: Kita bisa belajar dan bermain dengan senang.


AYO BERLATIH!!




📌Materi Matematika


Penjumlahan adalah cara untuk menggabungkan dua kelompok benda atau lebih menjadi satu kelompok.
  • Tanda penjumlahan: (+) Contoh: 2 + 3 = 5 (Dua ditambah tiga sama dengan lima)
  • Cara menjumlahkan:
    • Menggunakan benda-benda di sekitar kita (misalnya, kelereng, pensil).
    • Menggunakan garis bilangan.
    • Menggunakan jari.

Pengurangan

  • Apa itu pengurangan? Pengurangan adalah cara untuk mengurangi jumlah benda dalam suatu kelompok.
  • Tanda pengurangan: (-) Contoh: 5 - 2 = 3 (Lima dikurangi dua sama dengan tiga)
  • Cara mengurangkan:
    • Menggunakan benda-benda di sekitar kita.
    • Menggunakan garis bilangan.
    • Menggunakan jari.

Kata-kata yang sering digunakan dalam penjumlahan dan pengurangan:

  • Penjumlahan: ditambah, jumlah, seluruhnya, gabungan.
  • Pengurangan: dikurangi, sisa, selisih.

Contoh Soal:

  • Penjumlahan:
    • Andi punya 3 buah apel, Budi punya 2 buah apel. Berapa jumlah apel mereka? (3 + 2 = 5 buah apel)
  • Pengurangan:
    • Ibu membeli 5 buah jeruk. Ayah makan 2 buah jeruk. Berapa sisa jeruk? (5 - 2 = 3 buah jeruk)

AYO BERLATIH!!





⭕Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 


Refleksi Pembelajaran

Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan Sumatif Harian (SH) dengan mandiri, dan sudah mampu memahami soal yang diujikan. Namun masih ada beberapa peserta didik yang memerlukan bimbingan dalam membaca soal dikarenakan belum lancar membaca. Tindak lanjut dari permasalahan tersebut yaitu guru memberikan bimbingan secara invidu kepada peserta didik yang bersangkutan. 

Dan untuk pembelajaran matematika mengenai pengurangan 1-10 sebagian besar peserta didik sudah mampu mengerjakan, namun ada 2 peserta didik yang perlu bimbingan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu