Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5
Kelas / Semester : 1C / 2
Hari, Tanggal : Kamis, 09 Januari 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Mengenal Sastra Lampung di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada sastra Lampung. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengembangkan pemahaman rasa cinta peserta didik terhadap kebudayaan lokal dan meningkatkan sikap kolaborasi dan kerjasama peserta didik dalam sebuah kelompok.
- Pada tahap observasi atau pengenalan peserta didik diajak untuk mengamati contoh sastra dan kearifan lokal Lampung, seperti lagu daerah Lampung, dan Drama Bahasa Lampung.
- Pada tahap kontekstual, peserta didik mengidentifikasi lagu Daerah lampung, dan mengenal Drama kolosal yang berasal dari lampung.
- Pada tahap Aksi, peserta didik melatih komunikasi dengan kegiatan menyanyikan salah satu lagu daerah lampung serta bermain peran dalam Drama yang sudah ditentukan bersama.
- Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, orang tua, dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 Target Projek
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya
3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi
·
Kegiatan Awal (Sapaan)
Good morning sholeh-sholehah kelas IC. Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita mendengarkan tausiyah dulu ya semuanya tertib tidak ada yang ribut ya, selanjutnya membaca doa belajar dan kita laksanakan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN 1
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 08 Januari 2025
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Mengenal Lagu daerah Lampung dan Drama asal usul Lampung
Peran Pendidik : Fasilitator dan Narasumber
Persiapan:
1. menyiapkan video lagu "Semingung" dan "Cangget Agung"
2. Menyiapkan video asal usul Lampung
Pelaksanaan
- Pendidik mereview kembali materi yang sudah dipelajari pada kegiatan P5 di semester 1
- Pendidik menjelaskan Apa itu pengertian dari kearifan lokal
- Pendidik mengajak peserta didik untuk mengenal kearifan Lokal Lampung, salah satunya yaitu lagu daerah
- Peserta didik memperhatikan video yang menampilkan lagu "seminung" dan "cangget agung"
- Peserta didik dan pendidik bersama-sama menyanuikan lagu seminung dan cangget agung
- Pendidik memberikan latihan untuk menguji pemahaman peserta didik terhadap materi kearifan lokal: lagu daerah
- Pendidik menjelaskan pengertian dari drama dan mengajak peserta didik untuk memeprhatikan video asal usul Lampung
- Pendidik melakukan diskusi dan tanya jawab bersama peserta didik terkait isi video
- Pendidik mengelompokkan peserta didik menjadi 3 kelompok (Lagu daerah, Drama dan Properti)
- Peserta didik melakukan latihan berdasarkan kelompoknya masing-masing
LEMBAR KERJA PERTEMUAN 1
Mengenal kearifan lokal Lampung
Latihan 1
Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar:
- Kearifan lokal adalah...
- Sebutkan contoh kearifan lokal provinsi Lampung?
- Sebutkan cara melestarikan kearifan lokal?
- Siapakah pencipta lagu seminung?
- Siapakah pencipta lagu cangget Agung?
Latihan 2
Jawablah pertanyaan berikut:
- Drama adalah...
- Sikap apa saja yang dapat dilatih melalui kegiatan bermain peran dalam drama?
- Tuliskan secara singkat isi dari video asal usul provinsi Lampung dengan bahasamu sendiri!
📌Refleksi Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah memahami apa itu kearifan lokal dan mampu menyanyikan lagu daerah lampung dengan baik. Namun pada saat mengerjakan soal yang berkaitan dengan kearifan lokal ada beberapa siswa yang perlu bimbingan dalam menjawab soal.
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian selalu bertambah dan tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholeh sholehah.
Wassalamu’alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar