Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5
Kelas / Semester : 1C / 2
Hari, Tanggal : Kamis, 30 Januari 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
📌 TUJUAN
Dengan mengangkat tema “Kearufan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:
- Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
- Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal
📌 ALUR
1. Tahap pengenalan
Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.
2. Tahap Kontekstual
Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.
3. Tahap Aksi
Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.
4. Tahap Evaluasi dan Refleksi
Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan darikepala sekolah, para pendidik, para orangtua murid dan peserta didik untukperbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 TARGET
Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengantopik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.
📌 Metode Pembelajaran:
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran
·
Kegiatan Awal (Sapaan)
Good morning sholeh-sholehah kelas IC. Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita mendengarkan tausiyah dulu ya semuanya tertib tidak ada yang ribut ya, selanjutnya membaca doa belajar dan kita laksanakan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
TAHAP AKSI NYATA
PERTEMUAN 4
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 29 Januari 2025
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Mempelajari lagu seminung dan cangget agung, dan berlatih drama
AKTIVITAS 1
(Kelompok lagu daerah Lampung)
Alat dan bahan: video lirik lagu cangget agung dan seminung
Tujuan: Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya dan kearifan lokal Lampung
Pelaksanaan:
1. Pendidik memulai projek dengan membuat kelompok menjadi 2 yaitu kelompok lagu seminung, dan kelompok lagu cangget agung
2. Pendidk mengajak peserta didik untuk bernyanyi Bersama
3. Pendidik mengajak peserta didik untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab terkait kegiatan p5 khususnya terkait lagu daerah
5. Pendidik mengajak peserta didik untuk bertlatih menyanyikan lagu cangget agung bersama
6. Peserta didik mengerjakan latihan yang telah disiapkan oleh pendidik
Refleksi oleh pendidik
Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
- Ceritakan, peristiwa apa yang terjadi?
- Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
- Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?
AKTIVITAS 2
(Kelompok drama dan properti)
Pelaksanaan :
1. Peserta didik diminta untuk memperhatikan video tentang cerita rakyat Lampung yaitu Asal Usul Provinsi Lampung
2. Pendidik meminta beberapa peserta didik untuk berlatih dialog dan ekspresi mengikuti tokoh di cerita asal usul Lampung
3. Setelah berlatih drama, pendidik menentukan peran yang akan dibawakan oleh peserta didik
4. Peserta didik berlatih drama sesuai dengan perannya
naskah drama:
5. Pendidik melakukan evaluasi terkait hasil latihan dan memberikan masukan untuk latihan di pertemuan selanjutnya.
Rubrik Penilaian
No.
Nama
Peserta didik sepenuhnya memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung
Peserta didik ssudah mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung.
Peserta didik cukup mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung
Peserta didik belum sepenuhnya mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung
SB
B
C
PB
1.
2.
Dst.
Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik
PERTEMUAN 4
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 29 Januari 2025
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Mempelajari lagu seminung dan cangget agung, dan berlatih drama
AKTIVITAS 1
(Kelompok lagu daerah Lampung)
Alat dan bahan: video lirik lagu cangget agung dan seminung
Tujuan: Peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya dan kearifan lokal Lampung
Pelaksanaan:
1. Pendidik memulai projek dengan membuat kelompok menjadi 2 yaitu kelompok lagu seminung, dan kelompok lagu cangget agung
2. Pendidk mengajak peserta didik untuk bernyanyi Bersama
3.
5. Pendidik mengajak peserta didik untuk bertlatih menyanyikan lagu cangget agung bersama
6. Peserta didik mengerjakan latihan yang telah disiapkan oleh pendidik
Refleksi oleh pendidik
Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
- Ceritakan, peristiwa apa yang terjadi?
- Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
- Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?
No.
Nama
Peserta didik sepenuhnya memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung
Peserta didik ssudah mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung.
Peserta didik cukup mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung
Peserta didik belum sepenuhnya mampu memahami cerita tradisional dan cerita rakyat asal usul provinsi Lampung
SB
B
C
PB
1.
2.
Dst.
📌Refleksi Pembelajaran
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian selalu bertambah dan tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholeh sholehah.
Wassalamu’alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar