Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5
Kelas / Semester : 1C / 2
Hari, Tanggal : Kamis, 23 Januari 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
📌 TUJUAN
Dengan mengangkat tema “Kearufan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:
- Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
- Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal
📌 ALUR
1. Tahap pengenalan
Projek
ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk
mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh
kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan
peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta
menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.
2. Tahap Kontekstual
Selanjutnya
yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai
lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik
lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan
salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan
Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul
“Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan
peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya
Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan
pada tahap selanjutnya.
3. Tahap Aksi
Pada
tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan
kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan
mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu
Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak
untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat
Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan
peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan
kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga
terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.
4. Tahap Evaluasi dan Refleksi
Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan darikepala sekolah, para pendidik, para orangtua murid dan peserta didik untukperbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 TARGET
Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengantopik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan
dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni
Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.
📌 Metode Pembelajaran:
- Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
- Media ajar: Video pembelajaran
·
Kegiatan Awal (Sapaan)
Good morning sholeh-sholehah kelas IC. Bagaimana
kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu
guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari
kita mendengarkan tausiyah dulu ya semuanya tertib tidak ada yang ribut
ya, selanjutnya membaca doa belajar dan kita laksanakan sholat dhuha
terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah Pada pertemuan P5 di semester 1 kita telah belajar mengenak keberagaman dalam aksesoris adat Lampung, yaitu dengan membuat mahkota siger, kopiah emas, kalung papan jajar serta gelang kano dengan menggunakan bahan kardus dan manik-manik. Nah, anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalams sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.
Okayy, untuk memulai pembelajaran P5 kita marilah kita bersama-sama menyaksikan vide lagu daerah Lampung yang berjudul Seminung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^
📌Refleksi Pembelajaran
📌 Penutup :
Demikianlah
pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu
melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan
kalian selalu bertambah dan tetap terjaga serta selalu berbuat baik
kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita.
Semangat selalu anak sholeh sholehah.
Wassalamu’alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar