Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Matematika & Pendidikan Pancasila
Kelas / Semester : 1C / 2
Hari, Tanggal : Rabu, 08 Januari 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Model/Metode Pembelajaran/Pendekatan
- Metode Konvensional
- Pendekatan Saintifik
Media Pembelajaran
- Video Pembelajaran, Buku Cetak
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Mengenal bentuk benda
Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk benda dan menyebutkan karakteristik dari benda tersebut
- Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
- Peserta didik mampu mengenal bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
·
Kegiatan Awal (Sapaan)
Good morning sholeh-sholehah kelas IC. Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita mendengarkan tausiyah dulu ya semuanya tertib tidak ada yang ribut ya, selanjutnya membaca doa belajar dan kita laksanakan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali dalam kelas ini setelah ananda sholeh sholehah kemarin sudah mempelajari materi mengenal bentuk dan membuat bentuk tempel potong gambar roket.
MasyaAllah Alhamdulillah ya, mari hari ini kita lanjutkan lagi materi pembelajaran kita yaitu pelajaran Matematika dan Pendidikan Pancasila. Yuk disiapkan buku dan alat tulisnya.. :)
Sebelum memulai pembelajaran, mari kita melakukan tepuk semangat terlebih dahulu agar semangat kita semakin bertambah untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.^^
Kerja sama itu seperti ketika kita bermain lego bersama teman. Kita saling membantu menyusun lego menjadi bentuk yang bagus. Atau seperti saat kita membersihkan kelas, kita bersama-sama menyapu dan mengepel.
Kerja sama adalah ketika kita bersama-sama melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sama. Jadi, kalau kita bekerja sama, kita akan saling membantu dan bekerja sebagai tim.
Contoh Kerja Sama:
- Di Sekolah:
- Membantu teman yang kesulitan mengerjakan tugas.
- Bersama-sama membersihkan kelas.
- Bermain bersama di waktu istirahat.
- Di Rumah:
- Membantu ibu memasak.
- Membersihkan kamar bersama-sama.
- Bermain dengan adik atau kakak.
- Di Lingkungan:
- Bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.
- Membantu tetangga yang membutuhkan.
Mengapa Kerja Sama Itu Penting?
- Lebih Cepat Selesai: Kalau kita kerja sama, pekerjaan jadi lebih cepat selesai.
- Lebih Seru: Bekerja sama itu seru! Kita bisa bermain dan belajar bersama teman.
- Saling Membantu: Ketika ada teman yang kesulitan, kita bisa saling membantu.
- Rukun: Kerja sama membuat kita hidup rukun dan damai.
Rumah adalah tempat kita tinggal. Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga Setiap anggota keluarga punya tangung jawab Bersama-sama dengan keluarga menjaga kebersihan rumah Rumah yang bersih membuat kita nyaman di rumah Jika rumah bersih kita akan terhindar dari penyakit.
Jawablah pertanyaan berikut:
- Siapa yang bertanggung jawab memebrsihkan rumah?
- contoh kerjasama apa yang dilakukan pada cerita di atas?
- Apa manfaat dari menjaga kebersihan rumah?
📌Materi Matematika
Bangun datar adalah bentuk-bentuk geometri yang memiliki permukaan datar. Bayangkan seperti menggambar di atas kertas, semua gambar yang kamu buat adalah bangun datar karena tidak memiliki ketebalan.
Ciri-ciri Bangun Datar:
- Dua dimensi: Hanya memiliki panjang dan lebar, tidak memiliki tinggi.
- Dibatasi oleh garis lurus atau lengkung: Bentuknya bisa bermacam-macam, dari yang memiliki sisi lurus (seperti segitiga, persegi) hingga yang memiliki sisi lengkung (seperti lingkaran).
📌Refleksi Pembelajaran
Dari pembelajaran hari ini dapat kita simpulkan bahwa peserta didik sudah mampu memasangkan bentuk yang sama antara benda dan bentuk lengkung, segitiga dan segiempat, peserta didik memahami apa itu kerjasama dilingkungan rumah dan sekolah. sedangkan ada beberapa peserta didik yang masih perlu bimbingan guru dikarenakan kesulitan dalam membedakan bentuk dan memahami arti dari kerjasama maka tindak lanjutnya dibimbing oleh guru.
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian selalu bertambah dan tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholeh sholehah.
Wassalamu’alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar