Kamis, 24 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 2B, Jum'at 25 Juli 2025

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Jum'at, 25 Juli 2025

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP)

1. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan
  2. Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. 1. Peserta didik dapat mengenali dan menggambarkan ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia.
  2. 2. Peserta didik dapat memahami makna warna merah dan putih pada bendera.
  3. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500 dalam bentuk angka dan kata.
  4. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.  Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari lagu kebangsaan indonesia raya. Hari kita akan mempelajari tentang nilai tempat dan membuat kolase bendera negara. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


📌Materi Pendidikan Pancasila

 

  

·         "Coba perhatikan gambar-gambar ini. Mana yang bendera negara kita?”

·         "Apa yang kalian perhatikan dari warna dan bentuk bendera Indonesia?"

 

 

  

 

Perhatikan video sejarah bendera merah putih di atas!

·         "Apa saja ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia?"

·         "Apa arti warna merah dan putih pada bendera kita?"

 

  Mengenal Bendera Merah Putih

  📗Ciri-ciri Bendera Negara Republik Indonesia

a.    Nama Bendera: Bendera negara kita bernama "Sang Merah Putih".

b.    Ciri-ciri Bendera Indonesia

· Berbentuk persegi panjang.

· Terdiri dari dua warna:

-     Warna merah di bagian atas.

-     Warna putih di bagian bawah.

· Ukuran bendera umumnya 2:3 (misalnya panjang 150 cm, lebar 100 cm).

· Tidak boleh dicoret atau digambar.

c.    Kapan Bendera Dikibarkan?

·  Saat upacara bendera di sekolah atau hari besar nasional (seperti 17 Agustus).

·  Di kantor pemerintahan, sekolah, atau rumah-rumah warga saat peringatan kemerdekaan.

 

📗 Makna Warna Merah dan Putih pada Bendera

a.    Arti Warna Merah

·  Melambangkan keberanian, semangat juang, dan pengorbanan para pahlawan.

·  Warna merah menggambarkan jiwa atau raga manusia.

b.    Arti Warna Putih

·  Melambangkan kesucian, kejujuran, dan kedamaian.

·  Warna putih menggambarkan jiwa yang bersih dan murni.

Jadi, bendera Indonesia melambangkan keberanian yang dilandasi oleh kesucian hati.

 

 

  Latihan :

  Ayo Menggambar dan Menjelaskan!

Petunjuk:

1.      Gambar bendera Indonesia di dalam kotak yang tersedia!

2.      Warnai bagian atas bendera dengan warna merah dan bagian bawah dengan warna putih.

3.      Setelah selesai menggambar, isi bagian penjelasan di bawahnya.


1. Gambar Bendera Indonesia

(Gunakan pensil warna atau krayon)

📍Kotak Gambar:

 

 

 

 

 

 


2. Jelaskan arti warna bendera Indonesia!

Tuliskan jawabanmu di bawah ini:

🔴 Warna Merah melambangkan:

 


 Warna Putih melambangkan:

 


Ayo Diskusi!

Diskusikan bersama temanmu tentang perasaan saat melihat dan menggambar bendera negara kita.

 

 


 

  LKPD

Materi Matematika




  • Perhatikan gambar/kartu bilngan di atas!

    “Kalian tahu tidak, angka 3 di angka 345 itu menunjukkan ratusan, puluhan, atau satuan ya?”


  • Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 500

  • Pengertian Bilangan Cacah

    Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar sampai bilangan 500.

    Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata

    Angka

    Kata

    12

    dua belas

    25

    dua puluh lima

    137

    seratus tiga puluh tujuh

    405

    empat ratus lima

    500

    lima ratus

    Contoh latihan:

    • Tulis angka:
      a. Dua ratus lima → 205
      b. Empat ratus tiga puluh satu → 431
    • Tulis kata:
      a. 56 → lima puluh enam
      b. 189 → seratus delapan puluh sembilan


  • “Bagaimana cara mengetahui nilai tempat dari angka-angka dalam sebuah bilangan?”

  • Pengertian Nilai Tempat

    Nilai tempat adalah posisi angka dalam suatu bilangan yang menunjukkan besar nilainya.

    Bilangan tiga angka memiliki:

    • Ratusan (R)
    • Puluhan (P)
    • Satuan (S)

    Contoh:

    • Bilangan: 372
      • 3 = ratusan → 300
      • 7 = puluhan → 70
      • 2 = satuan → 2

    📌 Contoh Lain:

    • Bilangan: 408
      • 4 = ratusan → 400
      • 0 = puluhan → 0
      • 8 = satuan → 8

  • Latihan :

  • Petunjuk Pengerjaan:

    1. Amati daftar bilangan di bawah ini.
    2. Ubah setiap bilangan menjadi bentuk kata.
    3. Tentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dari setiap bilangan.
    4. Diskusikan bersama teman kelompokmu.
    5. Tulis hasil diskusi ke dalam tabel berikut.

    Daftar Bilangan:

    • 127
    • 384
    • 209
    • 451
    • 316
    • 298

    Tabel Pengisian LKPD:

    No

    Angka

    Bentuk Kata

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    1

    127

    Seratus dua puluh tujuh

    2

    384

    3

    209

    4

    451

    5

    316

    6

    298


  • LKPD


  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Peserta didik mengikuti kegiatan membuat kolase bendera Merah Putih dengan menggunakan potongan kertas warna. Mereka terlihat antusias dan bekerja dengan penuh semangat. Melalui kegiatan ini, peserta didik belajar mengenal simbol negara, yaitu bendera Indonesia, serta memupuk rasa cinta tanah air. Hasil karya peserta didik menunjukkan kreativitas dan kemampuan motorik halus yang berkembang dengan baik.


    Dalam pelajaran matematika, peserta didik belajar menentukan nilai tempat bilangan, yaitu nilai satuan, puluhan, dan ratusan. Sebagian besar peserta didik sudah bisa menyebutkan nilai angka sesuai posisinya dalam sebuah bilangan. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang perlu bimbingan dalam memahami konsep nilai tempat, secara umum pembelajaran berjalan lancar dan mencapai tujuan.


    Kesimpulan:


    Peserta didik menunjukkan sikap aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran hari ini. Kegiatan kolase bendera memberikan pemahaman tentang simbol negara secara menyenangkan, sementara pembelajaran nilai tempat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan berpikir logis dan numerasi. Latihan dan penguatan secara berkelanjutan tetap diperlukan untuk memperkuat pemahaman mereka.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    © SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu