Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Senin, 21 Juli 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar warna sekunder, pensil warna merah kuning biru, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Pesertadidik menunjukkan minat pada tuturan yangdidengar serta mampu memahami informasidari media audio, teks aural (teks yangdibacakan dan/atau didengar), instruksilisan, dan percakapan yang berkaitan dengandiri, keluarga, dan/atau lingkungam.
Peserta didik memahami unsur rupa dilingkungan sekitarnya dan menyimpulkanhasil pemahaman atas dua unsur rupa
Peserta didik menunjukkan pemahamandan memiliki intuisi bilangan (numbersense) pada bilangan cacah sampai100. Peserta didik dapat membaca, menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan,mengurutkan, serta melakukan komposisi(menyusun) dan dekomposisi (mengurai)bilangan. Mereka dapat melakukan operasipenjumlahan dan penguranganmenggunakan benda-benda konkret yangbanyaknya sampai 20. Peserta didikmenunjukkan pemahaman pecahan sebagaibagian dari keseluruhan melalui konteksmembagi sebuah benda atau kumpulanbenda sama banyak (pecahan yangdiperkenalkan adalah setengah danseperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) dilingkungan sekitarnya
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat menyebutkan minimal 4 jenis perasaan secara lisan atau tulisan
- Peserta didik dapat mengucapkan perasaannya menggunakan satu kalimat sederhana
- Peserta didik dapat menyebutkan perasaan tokoh dalam cerita
- Peserta didik dapat mengidentifikasi warna primer dan warna sekunder.
- Peserta didik dapat mencampur warna primer untuk menciptakan warna sekunder.
- Peserta didik mampu mencampur warna untuk menghasilkan warna baru yang sesuai dengan yang diinginkan.
- Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500 dalam bentuk angka dan kata.
- Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.B . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan Acara MPLS yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, seperti melaksanakan asesmen diagnodtik dan asesmen non-diagnostik, membuat stuktur kelas dan kesepakatan kelas serta penampilan dari berbagai ekskul yang ada di sd Al Azhar 2. Nah pada pertemuan kali ini kita sudah kembali aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hari kita akan mempelajari tentang jenis-jenis persaan serta mengenal unsur-unsur seni rupa khususnya tentang warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti pada video?”
“Pada saat apa kalian merasa sedih?”
Mengenal Perasaan (Macam-Macam Perasaan)
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠 |
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
📌Materi Seni Rupa
1. Mengenal Warna Dasar (Warna Primer)
Warna dasar adalah warna-warna utama yang tidak dapat diperoleh dengan mencampurkan warna lain. Ada tiga warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Warna dasar tersebut merupakan fondasi untuk menciptakan berbagai warna lain. Dengan memahami warna dasar, anak-anak dapat lebih mudah menguasai teknik pencampuran warna.
2. Proses Pencampuran Warna Dasar
Pencampuran warna dasar untuk menciptakan warna campuran adalah aktivitas yang menarik dan edukatif. Berikut adalah beberapa contoh pencampuran warna dasar untuk menghasilkan warna baru:
- Merah + Kuning = Oranye: Campuran merah dan kuning menghasilkan warna oranye. Ini karena oranye adalah warna sekunder yang dihasilkan dari pencampuran dua warna dasar.
- Biru + Kuning = Hijau: Campuran biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Warna hijau juga merupakan warna sekunder yang muncul dari pencampuran dua warna dasar.
- Merah + Biru = Ungu: Ketika merah dicampurkan dengan biru, warna yang dihasilkan adalah ungu. Ungu adalah warna sekunder lainnya yang diperoleh dari pencampuran dua warna dasar.
- Latihan Soal Isian :
1. Warna merah, kuning, dan biru disebut warna _______________.
2. Warna hijau adalah hasil campuran dari warna _______________ dan _______________.
3. Warna oranye dapat dibuat dari campuran warna _______________ dan _______________.
4. Warna yang terbentuk dari pencampuran dua warna primer disebut warna _______________.
5. Campuran warna merah dan biru akan menghasilkan warna _______________.
Materi Matematika
Pengertian Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar sampai bilangan 500.
Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata
Angka | Kata |
12 | dua belas |
25 | dua puluh lima |
137 | seratus tiga puluh tujuh |
405 | empat ratus lima |
500 | lima ratus |
Contoh latihan:
- Tulis angka:
a. Dua ratus lima → 205
b. Empat ratus tiga puluh satu → 431 - Tulis kata:
a. 56 → lima puluh enam
b. 189 → seratus delapan puluh sembila
LKPD Matematika
Materi: Bilangan Cacah 100–500 dan Nilai Tempat
Petunjuk Pengerjaan:
- Amati daftar bilangan di bawah ini.
- Ubah setiap bilangan menjadi bentuk kata.
- Tentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dari setiap bilangan.
- Diskusikan bersama teman kelompokmu.
- Tulis hasil diskusi ke dalam tabel berikut.
Daftar Bilangan:
- 127
- 384
- 209
- 451
- 316
- 298
Dalam pelajaran bahasa indonesia, peserta didik mampu mengenali dan menyebutkan berbagai macam perasaan seperti senang, sedih, marah, takut, dan lainnya. Mereka juga mulai dapat menyampaikan perasaan secara lisan maupun melalui gambar ekspresi. Hal ini menunjukkan perkembangan kemampuan berbahasa dan empati yang baik.
Dalam pelajaran seni rupa, peserta didik dapat mengidentifikasi warna primer (merah, biru, dan kuning) serta memahami proses pencampuran warna primer menjadi warna sekunder (jingga, hijau, ungu). Peserta didik menunjukkan kreativitas dalam mencampur warna dan membuat karya sederhana menggunakan kombinasi warna tersebut.
Dalam pelajaran matematika peserta didik telah belajar membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500. Sebagian besar sudah memahami konsep urutan bilangan dan nilai tempat (ratusan, puluhan, dan satuan). Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang perlu bimbingan, secara umum mereka menunjukkan kemajuan yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar