Rabu, 30 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 2B, Kamis 31 Juli 2025

 Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia & Matematika

Kelas / Semester : 2B / 1

Hari, Tanggal : Kamis, 31 Juli 2025

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menuliskan perasaan pada tokoh yang ada pada suatu cerita, sikap jujur dalam kegiatan sehari-hari dan mengenal bendera serta lagu kebangsaan indonesia. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang mengurutkan dan membandingkan bilangan serta menyimak cerira. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

  2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
  2. Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500 dalam bentuk angka dan kata.
  2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.

📌 Materi Bahasa Indonesia



 
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

Menurut kalian, apa yang sedang dirasakan oleh tokoh yang ada pada cerita di atas?

Pernahkah kalian merasakan sedih atau marah di sekolah? Mengapa demikian?

o  Apa itu Perasaan?

Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.

o  Macam-Macam Perasaan

Nama Perasaan

Contoh Ekspresi

Contoh Kalimat Sederhana

Gambar

Senang

Wajah tersenyum

Saya senang karena bermain bersama teman.

😊

Sedih

Wajah menangis atau murung

Saya sedih saat mainan saya rusak.

😢

Marah

Wajah cemberut atau kesal

Saya marah karena pensil saya diambil adik.

😠

Takut

Wajah tegang, mata membesar

Saya takut saat lampu kamar mati.

😨

Terkejut

Wajah kaget

Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun.

😲


o  Cara Menyimak dan menemukan informasi pada cerita

Menyimak adalah mendengarkan dengan baik apa yang dibacakan atau diceritakan orang lain.

Kita menyimak dengan telinga dan perhatian penuh.

Agar mudah memahami cerita, lakukan hal-hal berikut:

  • Duduk dengan tenang dan fokus.

  • Dengar baik-baik saat guru atau teman membaca cerita.

  • Jangan berbicara saat menyimak.

  • Perhatikan siapa tokohnya, apa yang terjadi, dan di mana kejadian itu berlangsung.

Informasi yang Bisa Ditemukan dalam Cerita

Setelah menyimak, kita bisa menemukan informasi seperti:

  • Siapa tokohnya? (Siapa yang ada di cerita?)

  • Apa yang terjadi? (Peristiwa atau masalah dalam cerita)

  • Di mana dan kapan kejadian itu terjadi?

  • Bagaimana peristiwa itu terjadi?

  • Mengapa hal itu terjadi?


Latihan Soal!

Simaklah cerita pada video berikut ini, lalu jawablah pertanyaannya dengan benar dan tuliskan di buku kalian!





📌Materi Matematika



  • a. Mengurutkan Bilangan

    • Mengurutkan bilangan artinya menyusun bilangan dari:
      • Kecil ke besar (menaik): Contoh: 125, 130, 135, 140
      • Besar ke kecil (menurun): Contoh: 900, 850, 800, 750

    👉 Langkah:

    1. Bandingkan nilai ratusan terlebih dahulu.
    2. Jika ratusannya sama, bandingkan nilai puluhan.
    3. Jika puluhan juga sama, baru bandingkan satuannya.

    b. Membandingkan Bilangan

    • Digunakan tanda:
      • ”>” lebih dari
      • ”<” kurang dari
      • ”=” sama dengan

    👉 Contoh:

    • 452 > 398 (karena 4 ratus lebih besar dari 3 ratus)
    • 623 < 700
    • 538 = 538


    Contoh Soal:

    ✏️ Mengurutkan:

    Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar:

    • 298, 310, 275, 305
      ✅ Jawaban: 275, 298, 305, 310


    ✏️ Membandingkan

    Beri tanda <, >, atau = di tengah bilangan berikut:

    • 645 ___ 654 → <
    • 500 ___ 500 → =
    • 799 ___ 780 → >


  • Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Peserta didik belajar menyimak cerita pendek yang dibacakan oleh guru dengan tujuan melatih kemampuan mendengar, memahami isi cerita, serta mengenali tokoh dan perasaan dalam cerita. Peserta didik tampak fokus dan dapat menjawab pertanyaan sederhana tentang isi cerita.

    Selain itu, peserta didik juga berlatih menulis huruf tegak bersambung. Mereka mulai terbiasa menulis dengan rapi dan menyambungkan huruf secara benar. Meskipun masih ada yang perlu latihan, sebagian besar menunjukkan peningkatan keterampilan menulis dan ketekunan dalam menyelesaikan tugas.

    Dalam pelajaran matematika, peserta didik belajar mengurutkan dan membandingkan bilangan menggunakan media permainan sederhana. Melalui kegiatan ini, mereka dapat menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya, serta membandingkan dua bilangan menggunakan tanda lebih dari (>), kurang dari (<), dan sama dengan (=).

    Kegiatan permainan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif. Peserta didik tampak senang (happy), aktif bergerak, dan semangat dalam menjawab pertanyaan. Ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa.

    Kesimpulan:

    Pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan menyenangkan. Peserta didik menunjukkan sikap positif, aktif dalam mengikuti kegiatan, dan mulai memahami materi yang diajarkan. Pembelajaran yang dikemas dengan cerita dan permainan terbukti membuat anak-anak lebih fokus, berani mencoba, dan merasa senang saat belajar. Pendampingan secara bertahap tetap diperlukan untuk memperkuat pemahaman mereka.

    DOKUMENTASI PEMBELAJARAN









    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    © SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu