Welcome
to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky
Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2
Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia & Seni Rupa
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Senin, 28 Juli
2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Metode dan Media Ajar :
ü Metode/Model
pembelajaran : Discovery Learning
ü Media
ajar : Video pembelajaran tentang cara
mengidentifikasi perasaan tokoh cerita, video macam-macam garis, LKPD cerita
singkat, Gambar macam-macam garis, LKPD melanjutkan garis, benda di lingkungan
kelas (contoh garis)
📌 Capaian Pembelajaran (CP) :
1. Peserta
didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik
menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi
dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi
lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau
lingkungam.
2. Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Tujuan Pembelajaran (TP) :
- Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
1.
Peserta didik dapat menyebutkan minimal 4
jenis perasaan secara lisan atau tulisan
2.
Peserta didik dapat mengucapkan
perasaannya menggunakan satu kalimat sederhana
3.
Peserta didik dapat menyebutkan perasaan
tokoh dalam cerita.
4.
Peserta didik dapatmenyebutkan macam-macam
garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
5.
Peserta didik dapat mengamati contoh
garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
6. Peserta didik dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang pencampuran warna dan melakukan eksperimen warna serta mengenal dan mempelajari lagu Indoensia Raya. Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menuliskan perasaan pada tokoh yang ada pada suatu cerita, serta mengenal unsur seni rupa garis. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti pada video?”
“Pada saat apa kalian merasa sedih?”
Mengenal Perasaan (Macam-Macam Perasaan)
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠 |
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
Materi Seni Rupa
“Pernahkah kalian melihat garis-garis seperti ini?”
: “Apa saja nama-nama garis ini?” “Apa bedanya garis lurus dan zigzag?”
Mengenal macam-macam Garis
Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis adalah coretan panjang (lurus, bengkok, atau lengkung).Namun, menggunakan ukuran yang bersifat relatif, yang dimaksud dengan ukuran bersifat relatif. Yang dimaksud dengan ukuran relatif meliputi tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, tebal, kecil, dan juga tipis. Adapun arah garis ada tiga macam yaitu horizontal, vertikal dan juga diagonal.
Macam - Macam Garis
PENUTUP
Demikian materi pembelajaran menuliskan perasaan tokoh suatu cerita dan mengenal macam macam garis pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar
semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
peserta didik telah belajar mengenali dan menyebutkan perasaan yang dialami
oleh tokoh dalam cerita. Melalui kegiatan membaca dan mendengarkan cerita,
mereka dapat mengidentifikasi perasaan seperti senang, sedih, marah, atau takut
yang dirasakan tokoh. Peserta didik menunjukkan pemahaman yang baik dan mampu
menyampaikan pendapatnya secara lisan. Kegiatan ini membantu mengembangkan
kemampuan berbahasa dan empati terhadap tokoh dalam cerita.
Dalam pelajaran seni
rupa, peserta didik belajar mengenal macam-macam garis, seperti garis lurus,
melengkung, zig-zag, dan putus-putus. Peserta didik juga mencoba membuat gambar
menggunakan berbagai jenis garis tersebut. Mereka terlihat antusias. Kegiatan
ini melatih koordinasi motorik halus serta kemampuan visual peserta didik.
Kesimpulan:
Peserta didik menunjukkan
partisipasi yang aktif dalam pembelajaran hari ini. Mereka mampu menyebutkan
perasaan tokoh cerita dengan tepat dan mengenal berbagai macam garis dalam
karya seni. Pembelajaran berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Diperlukan
penguatan lanjutan melalui latihan agar pemahaman peserta didik semakin
meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar