Minggu, 27 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 2B, Senin 28 Juli 2025

Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru                : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan    : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia & Seni Rupa

Kelas / Semester        : 2B / 1

Hari, Tanggal             : Senin, 28 Juli 2025


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

              

          Metode dan Media Ajar :

ü  Metode/Model pembelajaran : Discovery Learning

ü  Media ajar : Video pembelajaran tentang cara mengidentifikasi perasaan tokoh cerita, video macam-macam garis, LKPD cerita singkat, Gambar macam-macam garis, LKPD melanjutkan garis, benda di lingkungan kelas (contoh garis)

    📌 Capaian Pembelajaran (CP) :

1.     Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

2.     Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP) :

  1. Bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
  2. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :

1.     Peserta didik dapat menyebutkan minimal 4 jenis perasaan secara lisan atau tulisan

2.     Peserta didik dapat mengucapkan perasaannya menggunakan satu kalimat sederhana

3.     Peserta didik dapat menyebutkan perasaan tokoh dalam cerita.

4.     Peserta didik dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).

5.     Peserta didik dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.

6.     Peserta didik dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.

Kegiatan Awal (Sapaan)

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Apersepsi :

Selamat pagi ananda sholeh sholehah. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang pencampuran warna dan melakukan eksperimen warna serta mengenal dan mempelajari lagu Indoensia Raya. Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menuliskan perasaan pada tokoh yang ada pada suatu cerita, serta mengenal unsur seni rupa garis. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

Materi Bahasa Indonesia

 
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

“Pernahkah kalian merasakan perasaan seperti pada video?” 

“Pada saat apa kalian merasa sedih?”

  

Mengenal Perasaan (Macam-Macam Perasaan)

o  Apa itu Perasaan?

Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.

o  Macam-Macam Perasaan


Nama Perasaan

Contoh Ekspresi

Contoh Kalimat Sederhana

Gambar

Senang

Wajah tersenyum

Saya senang karena bermain bersama teman.

😊

Sedih

Wajah menangis atau murung

Saya sedih saat mainan saya rusak.

😢

Marah

Wajah cemberut atau kesal

Saya marah karena pensil saya diambil adik.

😠

Takut

Wajah tegang, mata membesar

Saya takut saat lampu kamar mati.

😨

Terkejut

Wajah kaget

Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun.

😲


Latihan Soal!



Materi Seni Rupa


  • “Pernahkah kalian melihat garis-garis seperti ini?” 


  •   : “Apa saja nama-nama garis ini?” “Apa bedanya garis lurus dan zigzag?”


  • Mengenal macam-macam Garis

  • Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis adalah coretan panjang (lurus, bengkok, atau lengkung).Namun, menggunakan ukuran yang bersifat relatif, yang dimaksud dengan ukuran bersifat relatif. Yang dimaksud dengan ukuran relatif meliputi tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, tebal, kecil, dan juga tipis. Adapun arah garis ada tiga macam yaitu horizontal, vertikal dan juga diagonal.

     

    Macam - Macam Garis 

     

  • LATIHAN!


  • PENUTUP

    Demikian materi pembelajaran menuliskan perasaan tokoh suatu cerita dan mengenal macam macam garis pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


    REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik telah belajar mengenali dan menyebutkan perasaan yang dialami oleh tokoh dalam cerita. Melalui kegiatan membaca dan mendengarkan cerita, mereka dapat mengidentifikasi perasaan seperti senang, sedih, marah, atau takut yang dirasakan tokoh. Peserta didik menunjukkan pemahaman yang baik dan mampu menyampaikan pendapatnya secara lisan. Kegiatan ini membantu mengembangkan kemampuan berbahasa dan empati terhadap tokoh dalam cerita.

    Dalam pelajaran seni rupa, peserta didik belajar mengenal macam-macam garis, seperti garis lurus, melengkung, zig-zag, dan putus-putus. Peserta didik juga mencoba membuat gambar menggunakan berbagai jenis garis tersebut. Mereka terlihat antusias. Kegiatan ini melatih koordinasi motorik halus serta kemampuan visual peserta didik.

    Kesimpulan:

    Peserta didik menunjukkan partisipasi yang aktif dalam pembelajaran hari ini. Mereka mampu menyebutkan perasaan tokoh cerita dengan tepat dan mengenal berbagai macam garis dalam karya seni. Pembelajaran berlangsung dengan lancar dan menyenangkan. Diperlukan penguatan lanjutan melalui latihan agar pemahaman peserta didik semakin meningkat.

     




     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    © SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu