Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : 1C / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 9 Agustus 2024
Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
Merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
Mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
- Peserta didik dapat merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.
- Peserta didik dapat mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.
- Peserta didik mampu mampu membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garissebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.
Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
# Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar menyimak isi cerita dan mengenal makna warna pada silmbol sila-sila Pancasila. Siapa yang masihada berapa warna yang terdapat pada simbol Pancasila? iya ada 5 warna yaitu putih, hitam, merah, kuning dan hijau. Nah, untuk hari ini kita akan belajar menyatakan dan mengurutkan benda sampai 10 dan mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
Materi Seni Rupa
Garis dalam seni rupa adalah sekumpulan titik yang berderet dan berhimpun. Garis ini merupakan hasil goresan yang disebut garis nyata.
Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan. Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. Garis seperti apa yang kamu rasakan? Sekarang pejamkan matamu. Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. Garis seperti apa yang kamu dapatkan?
Nah anak-anak mari kita bayangkan dan ikuti bentuk garis yang berasal dari benda-benda di sekitarmu, seperti kertas yang melayang di udara. Lalu cobalah untuk menggambarkan garis tersebut sesuai dengan imajinasi dan bayanganmu di buku tulis.
Setelah itu perhatikanlah, benda-benda yang ada di sekitarmu, seperti buku, pensil, papan tulis dan lainnya. Benda-benda tersebut terbentuk dari garis-garis yang saling berhubungan. Benda-benda tersebut dapat menghasilkan suara lohh.
Mari kita coba gengan menutup mata saat dan mendengarkan lagu-lagu yang akan diputarkan yaaa, bayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dari irama lagu tersebut. Kemudian buka mata kalian dan dengarkan kembali lagu-lagu tersebut, gambarkan garis yang dapat kalian bayangkan sesuai dengan irama lagu tersebut.
Agar lebih jelas, perhatikanlah video berikut ini.
📌Refleksi Pembelajaran
Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan. semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran besok depan ananda sholeh sholehah^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar