Welcome to Grade IC
Nama Guru : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Kelas / Semester : 1C / 1
Hari, Tanggal : Kamis, 8 Agustus 2024
Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, topik “Keberagaman Budayaku”, projek ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaann terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selain itu projek ini juga bertujuan untuk mengenali dan memahami perbedaansehingga melahirkan sikap saling menghargai,menghormati, toleransi, dan terpatri rasa bersyukur bahwa keberagaman Bangsa Indonesaia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan cara mempelajari dan menampilkan keberagaman tersebut melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.
- Pada tahap observasi atau pengenalanpeserta didik diajak untuk mengamati keberagamansuku, agama, budaya dan sebagainya pada teman-teman di kelas lalu peserta didik menulis hasil pengamatannya. Pendidik mengajak peserta didik berdiskusi dan melakukan tanya jawab tentang keragaman Bangsa Indonesia, seperti asal daerah, makanan daerah, pakaian adat, lagu daerah dan tarian daerah.
- Pada tahap kontekstual, peserta didik berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. dari berbagai suku daerah diIndonesia, kemudian mengenal kebudayaan dan ciri khas daerah Lampung.
- Pada tahap Aksi, peserta didik belajar dan berlatih membuat karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah Lampung, seperti mahkota siger, kopian, dalan aksesoris adat Lampung.
- Tahap Evalausi dan Refleksi dilakukan setelah tahapan aksi nyata selesai, akan mengolah masukan dari kepala sekolah, para guru, para orangtua murid dan peserta didik untuk perbaikan danpenyempurnaan proyek di waktu mendatang.
📌 Target Projek
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
2, Berkhebinekaan global, khususnya elemen mengenali dan menghargai budaya
3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengelompokkan banyak benda yang berjumlah 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang profil pelajar Pancasila atau yang biasa disebut dengan P5. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
Sebelum kita melakukan aktivitas mari kita simak video berikut ini.
Let's check it out!!^^
📌PERTEMUAN 3
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 8 Agustus 2024
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Mengenal budaya dan kekhasan Provinsi Lampung
Peran Guru : Fasilitator danNarasumber
AKTIVITAS 1
BUDAYA DAN KEKHASAN DAERAHKU
Persiapan:
1. Guru menyiapkan PPT Keberagaman Agama di Sekitarku,
lembar kerja yang akan digunakan pesertadidik berupa LKS menjodohkan gambar.
Pelaksanaan:
1. Guru memulai projek dengan menampilkan video pembelajaran asal usuk kota lampung
2. Guru memberikan pertanyaan:
a. Pristiwa apa yang terjadi di dalam video tersebut?
b. Berasal dari manakah kata “Lampung”?
3.
4. Guru mengajak peserta didik untuk menyimak video pembelajaran tentang budaya dan khasan provinsi lampung
5. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab terkait isi video pembelajaran
6. Siswa mengerjakan latihan terkait materi budaya dn kekhasan provinsi lampung di buku tulis
7. Guru memberi kesempatan pada siswakesimpulan materi aktivitas 1
LEMBAR KERJA AKTIVITAS 1
(Mengerjakan Latihan di buku tulis)
Rubrik Penilaian
No. |
Nama | Dapat menyebutkan Ciri dan kekhasan provinsi Lampung |
Dapat menyebutkan sejarah mahkota siger |
Dapat menyebutkan hari macam-macam mahkota siger |
Belum dapat menyebutkan agama ,tempat ibadah dan hari besar agama yang dianutnya. |
SB | B | C | PB | ||
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B= Baik, SB= Sangat Baik
AKTIVITAS 2
MENGENAL MAHKOTA SIGER
Persiapan :
1. Guru menyiapkan video pembelajaran, gambar siger dan mahkota adat lampung
2. Guru meminta siswa membawa buku gambar dan alat mewarmai
Pelaksanaan :
- Guru menunjukkan gambar mahkota siger dan Guru memberikan pertanyaan:
a. Apakah kalian nama mahkota yang terdapat di gambar?
b. Berasal dari manakan mahkota siger
2. Guru menjelaskan tentang sejarah siger dan melakukan tanya jawab bersama peserta didik:
" Siger merupakan benda atau perangkat adat penting dalam ritual tradisional masyarakat Lampung. Benda tersebut berwujud sebuah mahkota logam berwarna keemasan yang memiliki detail bentuk yang sangat khas. Mahkota ini menjadi simbol kehormatan dan status sosial seseorang dalam masyarakat Lampung. Karena kekhasan bentuknya, siger menjadi simbol kedaerahan yang melekat pada Provinsi Lampung. Siger, sigokh dalam dialek Saibatin, memiliki bentuk simetris bilateral, memajang ke arah kiri dan kanan dari penggunanya. Di bagian atas, terdapat lekukan dengan jumlah spesifik. Jumlah lekukan di bagian atas mencirikan asal wilayah siger tersebut berasal. Selain dari lekukannya, asal daerah siger juga dapat dikenali dari detail-detail lain seperti rumbai-rumbai dan batang sekala.
3. Peserta didik diminta untuk mewarnai LKPD mahkota siger yang telah disiapkan guru
4. Guru memberi kesempatan pada didik untuk menyebutkan cici dan kekhasan budaya Lampung
Refleksi Pertemuan 3
Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
- Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
- Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?
📌Refleksi Pembelajaran
Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi tentang keberagaman agama dan suku di Indoensia, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjtnya ananda sholeh sholehah^^
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar