Welcome to Grade IC
(Ibu Guru Muslana & Ibu Guru Resky Kusumawardati)
Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.
Aamiin Yarabbal Alamin
Dengan mengangkat tema “Bhineka Tunggal Ika” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, projek “Keberagaman Budayaku” bertujuan mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter kebhinnekaan terhadap keberagaman etnik, agama, dan budaya. Hal ini dimaksudkan untuk membangun sikap toleransi peserta didik dalam keberagaman di lingkungan sekolah dan rumah, serta menjunjung tinggi nilai Bhinneka Tunggal Ika dengan menuangkan ide dan kreativitas peserta didik dalam mencintai keberagaman melalui berbagai karya seperti membuat mahkota adat khas daerahnya masing-masing.
1. Tahap Pengenalan
Peserta didik diajak mengenal dan mengidentifikasi konsep kebhinnekaan dengan melakukan eksplorasi materi.
2. Tahap Kontekstualisasi
Peserta didik diberikan ruang untuk berdiskusi tentang keberagaman etnik, agama, dan budaya. Selanjutnya, peserta didik mengeksplorasi keberagaman yang ada di kelasnya dan lingkungan sekolah, kemudian menuliskan keberagaman yang ada dilingkungan sekitarnya.
3. Tahap Aksi
Peserta didik didampingi guru membuat salah satu karya atau media yang menunjukkan ke khasan dari daerah tempat tinggalnya, seperti membuat kolase mahkota adat Lampung dari bahan bubur kertas.. Selanjutnya, peserta didik diajak berkreasi melalui pembuatan mahkota siger yang di hias sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta didik.
4. Tahap Refleksi dan Evaluasi
Selama proses projek ini berjalan, peserta didik tidak hanya membentuk pengetahuan, tetapi juga membangun kesadaran dan melakukan observasi. Pada akhirnya, peserta didik dapat menentukan sikap yang baik dalam menghadapi keberagaman budaya yang ada di lingkungan sekitarnya.
📌 Target Projek
Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Kreatif, khususnya elemen menghasilkan gagasan yang orisinil dan menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
2, Bernalar Kritis, khususnya elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan,
3. Gotong royong, khususnya elemen kolaborasi
📌 Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.A.. How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
📌 Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar mengelompokkan banyak benda yang berjumlah 10 dan mengidentifikasi simbol dan sila-sila pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Nah, untuk hari ini kita akan belajar tentang profil pelajar Pancasila atau yang biasa disebut dengan P5. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^
Sebelum kita melakukan aktivitas mari kita nyanyikan lagu untuk Indoenesia berikut ini.
Let's check it out!!^^
📌PERTEMUAN 2
Jenis Kegiatan : Tatap Muka dan Tugas Mandiri
Tanggal Pelaksanaan : Kamis, 01 Agustus 2024
Waktu : 1 x pertemuan
Materi : Mengenal Keberagaman Agama dan Suku di Kelas
Peran Guru : Fasilitator danNarasumber
AKTIVITAS 1KEBERAGAMANAGAMA
Alat dan bahan : Video pembelajaran, LKPD, buku tulis, dan alat tulis
Tujuan : Peserta didik mulai mengenal dan memahami definisi dari P5
Persiapan:
1. Guru menyiapkan video pembelajaran Keberagaman Agama di Sekitarku, lembar kerja yang akan digunakan peserta didik berupa LKPD menjodohkan gambar.
Pelaksanaan:
1. Guru memulai projek dengan menampilkan gambar tempat ibadah masing-masing agama di Indonesia
2. Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi, seperti:
a. Apakah kalian mengenal bangunbangun ini?
b. Biasanya di gunakan untuk acara apa?
3.
4. Peserta didik melakukan diskusi secarakelompok tentang Keberagaman Agama disekitarku.
5. Peserta didik secara berkelompok bergantianmenyampaikan hasil diskusinya di depan kelas
6. Peserta didik mengerjakan lembar kerjadengan menjodohkan gambar
7. Guru memberi kesempatan pada peserta didikmenceritakan ibadah sesuai agama yangdianutnya
LEMBAR KERJA AKTIVITAS 1
(Asesmen Diagnostik)
KEBERAGAMANAGAMA
Rubrik Penilaian
No. |
Nama | Dapatmenyebutkan agama ,tempatibadah danhari Rayaagama yangdianutnya |
Dapatmenyebutkantempatibadahagama yangdianutnya |
Dapatmenyebutkanhari rayaagama yangdianutnya |
Belum dapatmenyebutkanagama ,tempatibadah dan hari besar agama yangdianutnya. |
SB | B | C | PB | ||
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
Keterangan: PB =Perlu Bimbingan, C=Cukup, B=Baik, SB= Sangat Baik
AKTIVITAS 2
MENGENAL BERAGAM SUKU
Persiapan :
1. Guru menyiapkan video pembelajaranBeragam Suku di Indonesia, video lagu satu nusa satu bangsa
Pelaksanaan :
1. Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” Bersama-sama dengan penuh semangat.
2. Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi beragam suku, seperti:
a. Apakah kalian tahu bahwa Indoensia memiliki beragam suku?
b. Apakah kalian tahu suku orangtua kalian?
3. Guru menjelaskan tentang beragam Sukuyang ada di nusantara. Guru menampilkanvideo tentang beragam suku.
4. Peserta didik mengamati contoh contoh sukudi Nusantara
5. Peserta didik melakukan diskusi Bersama teman kelompoknya terakait suku dari tiap anggota kelompok.
6. Peserta didik mengerjakan tugas kelompokyaitu membuat data asal daerah (suku) dari anggota kelompoknya.
7. Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk menyebutkan nama suku yang sudah di kenalnya. Contoh gambar
LEMBAR KERJA AKTIVITAS 2
Mengenal Beragam Suku
Nama Kelompok : ……………………….
Kelas : ……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Petunjuk:
Peserta didik menuliskan asal daerah anggota kelompoknya.
No. | Nama Anggota Kelompok | Asal Daerah | Makanan daerah |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
Jumlah soal keseluruhan ada 10 soal Pedoman penilaian = Nilai akhir = Jumlah soal |
Refleksi Pertemuan 1
Setelah sesi sharing, tanyakan hal berikut ini pada peserta didik:
- Ceritakan, bagaimana perasaanmu?
- Apa hal menarik yang kalian peroleh hari ini?
📌Refleksi Pembelajaran
Alhamdulillah ananda sholih-sholihah kita sudah mempelajari materi tentang keberagaman agama dan suku di Indoensia, semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat ananda terima dengan baik. Jangan lupa untuk selalu belajar ya sholeh sholehah, sampai berjumpa pada pembelajaran selanjtnya ananda sholeh sholehah^^
📌 Penutup :
Demikianlah pembahasan tentang pembelajaran hari ini, Jangan lupa dirumah selalu melaksanakan shalat 5 waktu dan senantiasa selalu murojaah agar hafalan kalian tetap terjaga serta selalu berbuat baik kepada sesama contohnya membantu orang tua dirumah atau adik/kakak kita. Semangat selalu anak sholih-sholihah!! ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar