Rabu, 14 Mei 2025

Materi Ajar Kelas 1C, Kamis 15 Mei 2025

 ๐Ÿ“Œ  TUJUAN 

Dengan mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan megacu kepada dimensi profil projek Pancasila, Topik “Mengenal Sastra Lampung Lisan di Era Modernisasi”, projek ini bertujuan untuk:

  1. Mengenalkan peserta didik pada kekayaan budaya dan kearifan lokal Lampung dari sejak dini, seperti Lagu daerah dan Sastra Lisan Lampung
  2. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung
  3. Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tema kearifan lokal

๐Ÿ“Œ  ALUR

1.    Tahap pengenalan

Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan, peserta didik diajak untuk mengenali arti dari kearifan lokal serta mengenalkan berbagai contoh kearifan lokal khususnya provinsi Lampung. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengenal kekayaan dan kearifan lokal Lampung serta menambah pengetahuan peserta didik terahdap kearifan lokal Lampung.

2.      Tahap Kontekstual

Selanjutnya yaitu tahap kontekstual dimana peserta didik dikenalkan dengan berbagai lagu daerah Lampung melalui video pembelajaran yang menyajikan lirik lagu daerah Lampung. Selain itu peserta didik juga dikenalkan dengan salah satu sastra lisan Lampung yaitu drama tradisional tentang pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II dan cerita rakyat Lampung yang berjudul “Asal Usul Provinsi Lampung” memalui video. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya Lampung dan memiliki Gambaran tentang kegiatan P5 yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.

3.      Tahap Aksi

Pada tahap ini peserta didik diajak untuk melestarikan dan menggaungkan kearifan local Lampung yang dikemas dalam kegiatan P5 yaitu dengan mempelajari dan menghafal salah satu lagu daerah Lampung, seperti lagu Seminung dan lagu Cangget agung. Selain itu peserta didik juga diajak untuk bermain peran dalam sebuah drama yang diangkat dari cerita rakyat Lampung yaitu “Asal Usul Provinsi Lampung”. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam pelestarian budaya dan kearifan local Lampung serta dapat menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan budaya yang ada di Provinsi Lampung.

4.      Tahap Evaluasi dan Refleksi

     Tahap terakhir pada modul ini yaitu tahap evaluasi dan refleksi, dimana peserta didik diajak untuk merefleksikan hasil kegiatannya, dan mengolah masukan dari kepala sekolah, para pendidik, para orang tua murid dan peserta didik untuk perbaikan dan penyempurnaan proyek di waktu mendatang.

 

๐Ÿ“Œ   TARGET

Tema Kearifan Lokal akan melandasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan topik “Mengenal Sastra Lisan Lampung di Era Modernisasi”. Melalui projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan tiga dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yakni Berkebhinekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif beserta elemen- elemen yang terkait.

๐Ÿ“Œ Metode Pembelajaran:

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab), role playing
  •        Media ajar: Video pembelajaran, naskah drama

๐Ÿ“Œ Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

๐Ÿ“Œ  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. anak-anak pada semster 2 ini, kegiatan p5 kita bertemakan kearifan lokal dimana kita akan mengenal contoh-contoh kearifan lokal yang ada di Lampung, salah satunya yaitu dengan mengenal lagu daerah Lampung serta kita juga akan belajar bermain peran dalam sebuah drama yang menceritkan asal usul provinsi Lampung.

Okayy, untuk memulai pembelajaran P5, marilah kita bersama-sama menyaksikan video lagu daerah Lampung yang berjudul Cangget Agung. Semangat selalu anak-anak bu guruu dalam mengikuti pembelajaran ^^



๐Ÿ“Œ Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)



 TAHAP AKSI NYATA

PERTEMUAN 11

 

Jenis Kegiatan                         : Tatap Muka dan Tugas Mandiri

Tanggal Pelaksanaan      : Kamis, 08 Mei 2025

Waktu                                     : 1 x pertemuan

Materi                                      : Berlatih menyanyikan lagu Cangget agung


AKTIVITAS

Post Test P5

Kerjakanlah latihan soal post test berikut ini dengan benar!

  1. Salah satu contoh melestarikan budaya adalah dengan cara...
  2. Dengan bekerjasama membuat properti drama, kita telah melaksanakan salah satu elemen P5 yaitu...
  3. Mengapa kita harus belajar adat budaya Lampung?
  4. Dari cerita ompung silampongah, kata LAPPUNG berarti...
  5. Apa saja lagu daerah Lampung yang kamu ketahui.? (minimal 2)
  6. Lagu cangget agung menceritakan tentang...
  7. Tuliskan tokoh dari cerita Ompung Silampongah yang kamu ketahui! (minimal 2)
  8. Siapa nama pahlawan yang berasal dari Lampung?
  9. Apa saja kearifan lokal Lampung yang kamu ketahui?
  10. Lagu cangget agung diciptakan oleh...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu