Selasa, 06 Mei 2025

Materi Ajar Kelas 1C, Rabu 7 Mei 2025

 Welcome to Grade IC

Nama Guru                 : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran           : Matematika & Pendidikan Pancasila

Kelas / Semester         : 1C / 1

Hari, Tanggal              : Rabu, 7 Mei 2025


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
 

Good morning sholeh-sholehah kelas I C SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Bagaimana kabarnya hari ini? INSYAALLAH pasti semangat ya sholeh-sholehah bu guru. Ayo sebelum kita memulai kegiatan pembelajaran pada hari ini, mari kita membaca doa belajar, mendengarkan tausiyah dan sholat dhuha terlebih dahulu ya nak.

                                                     

Aamiin Yaa Rabbal Alamin

📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  2. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah. 

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik mengelompokkan data serta membuat tabel diagram dengan benar.
  2. Peserta didik dapat Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Mengelompokkan data serta membuat tabel diagram

  2. Mengenal bentuk kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat

 📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajaran, stik es krim/balok kayu


📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌  Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang  macam macam warna dan cara mengelompokkan benada. Nah, untuk hari ini kita akan memahami lebih jauh cara mengelompokkan benda serta mengenal lingkungan rumah. Oke mari simak dan perhatikan materi berikut ini yaa^^



📌 Materi Matematika


Kira merapikan toko mainan. Ini adalah toko yang sudah Kira rapikan. 



Upe mempunyai banyak bola. Ada 7 bola merah, 4 bola kuning, dan 6 bola hijau. Upe ingin menyajikan data bolanya dalam tabel.


Setelah membuat tabel berikut contoh dari diagram gambar

Latihan Soal!
 Diagram berikut menunjukkan jenis buah kesukaan anak-anak.
Lengkapi setiap kalimat berikut. 
a. _______ anak suka buah apel. 
b. _______ anak suka buah jambu air. 
c.  Ada 4 anak yang suka buah _______ 
d.  Ada 7 anak yang suka buah _______
e.  Buah yang paling disukai adalah ________
f. Anak yang suka belimbing ____________  lebih banyak dari anak yang suka apel.





📌 Materi Pendidikan Pancasila

Mari kita simak bersama video berikut ini!^^


Kita semua berbeda-beda! Ada yang suka warna merah, ada yang suka warna biru. Ada yang pandai menggambar, ada yang jago berhitung. Perbedaan ini membuat dunia jadi lebih seru dan berwarna.

Kerja Sama di Keluarga:

Di rumah, kita juga berbeda-beda. Ada ayah, ibu, kakak, adik, dan mungkin kakek atau nenek. Setiap anggota keluarga punya kesukaan dan kemampuan yang berbeda.

Contoh Kerja Sama di Keluarga:

  1. Membantu ibu membersihkan rumah bersama-sama.
  2. Kakak membantu adik belajar membaca.
  3. Ayah dan ibu bekerja sama mencari nafkah untuk keluarga.
  4. Semua anggota keluarga berdiskusi saat mengambil keputusan.

 * Manfaat Kerja Sama di Keluarga:

  1. Pekerjaan jadi lebih ringan dan cepat selesai.
  2. Hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih erat dan harmonis.
  3. Belajar saling menghargai perbedaan.
  4. Menciptakan suasana rumah yang nyaman dan bahagia.


Kerja Sama di Sekolah:

Di sekolah, kita bertemu banyak teman yang juga berbeda-beda. Ada yang rambutnya lurus, ada yang keriting. Ada yang suka bermain bola, ada yang suka membaca buku.

 * Contoh Kerja Sama di Sekolah:

  1. Mengerjakan tugas kelompok bersama-sama.
  2. Piket kelas membersihkan kelas bersama.
  3. Bermain bersama teman-teman saat istirahat.
  4. Saling membantu teman yang kesulitan belajar.

 * Manfaat Kerja Sama di Sekolah:

  1.   Tugas sekolah jadi lebih mudah diselesaikan.
  2. Bisa bertukar ide dan belajar dari teman lain.
  3. Membangun persahabatan yang kuat.
  4. Belajar menghargai pendapat orang lain.

AYO BERLATIH!
  1. Ceritakan satu contoh kegiatan kerja sama yang pernah kamu lakukan bersama keluargamu! Apa manfaat dari kerja sama tersebut?
  2. Sebutkan dua contoh kegiatan kerja sama yang biasa kamu lakukan dengan teman-teman di sekolah! Bagaimana perasaanmu saat bekerja sama?
  3. Gambarlah satu kegiatan kerja sama yang kamu lakukan di rumah atau di sekolah bersama teman atau keluargamu. Warnai gambarmu dengan bagus!

📌Refleksi dan Kesimpulan Pembelajaran 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu