Senin, 12 Mei 2025

Materi Ajar Kelas 1C, Selasa 13 Mei 2025

Welcome to Grade IC

Nama Guru                 : Muslana, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran           : Matematika & Seni Rupa

Kelas / Semester         : 1C / 2

Hari, Tanggal              : Selasa, 13 Mei 2025

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode: metode konvensional (dikusi, tanya jawab)
  •        Media ajar: Video pembelajarana dan buku cetak

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 10.
  2. peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Peserta didik dapat menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret dengan cermat
  2. Peserta didik mengidentifikasi bentuk alami/natural dan bentuk buatan manusia.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Menunjukkan lebih dari, kurang dari, dan beda atau selisih dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret

  2. Mengenal bentuk buatan manusia

📌 Kegiatan Awal (Sapaan)

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C  How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

📌 Apersepsi : 

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..  Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang konsep lebih dari, kurang dari dan selisih, serta kita juga telah belajar tentang bentuk natural dan bentuk buatan. Nah pada pembelajaran hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 4. Oke mari kita kerjakan soal sumatif di bawah ini dengan baik dan mandiri yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Materi Matematika


Kira merapikan toko mainan. Ini adalah toko yang sudah Kira rapikan. 



Upe mempunyai banyak bola. Ada 7 bola merah, 4 bola kuning, dan 6 bola hijau. Upe ingin menyajikan data bolanya dalam tabel.



Latihan Soal!


📌Materi Seni Rupa


  • Pencampuran warna adalah salah satu konsep dasar dalam seni dan sains yang dapat diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Memahami bagaimana warna-warna dasar dapat dicampurkan untuk menciptakan warna baru tidak hanya membantu anak-anak dalam kegiatan seni tetapi juga mengembangkan keterampilan kognitif mereka.

    1. Mengenal Warna Dasar

    Warna dasar adalah warna-warna utama yang tidak dapat diperoleh dengan mencampurkan warna lain. Ada tiga warna dasar yaitu merah, biru, dan kuning. Warna dasar tersebut merupakan fondasi untuk menciptakan berbagai warna lain. Dengan memahami warna dasar, anak-anak dapat lebih mudah menguasai teknik pencampuran warna.

    2. Proses Pencampuran Warna Dasar

    Pencampuran warna dasar untuk menciptakan warna campuran adalah aktivitas yang menarik dan edukatif. Berikut adalah beberapa contoh pencampuran warna dasar untuk menghasilkan warna baru:

    • Merah + Kuning = Oranye: Campuran merah dan kuning menghasilkan warna oranye. Ini karena oranye adalah warna sekunder yang dihasilkan dari pencampuran dua warna dasar.
    • Biru + Kuning = Hijau: Campuran biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Warna hijau juga merupakan warna sekunder yang muncul dari pencampuran dua warna dasar.
    • Merah + Biru = Ungu: Ketika merah dicampurkan dengan biru, warna yang dihasilkan adalah ungu. Ungu adalah warna sekunder lainnya yang diperoleh dari pencampuran dua warna dasar.

    Latihan Soal





  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    © SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu