๐ Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Peserta didik mampu menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
- Peserta didik dapat Mengidentifikasi macam-macam profesi san tugasnya
- Peserta didik dapat menuliskan kata – kata sederhana tentang arah dan letak
- Memahami macam-macam profesi dan tugasnya
- Mengidentifikasi bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah.
๐ Metode dan Media ajar
- Metode: Konstekstual, Diskusi kelompok
- Media ajar: Video pembelajarana, gambar, LKPD
๐ Kegiatan Awal (Sapaan)
Hallo, good morning ananda sholih sholihah 1.C How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^
๐ Apersepsi :
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. pada pembelajaran hari ini akan dilaksanakan secara daring yaa anak-anak. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan sumatif harian 4 dengan baik dan tertib. Nah pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari tentang bentuk-bentuk kerjasama atau gotong royong serta mengenal macam-macam profesi dan juga tugasnya. Oke silahkan untuk disimak dengan baik yaa materi berikut ini, semangat selalu belajarnya anak sholeh dan sholehah^^
- Perhatikan gambar di atas! (pertanyaan pemantik)
- Siapa yang suka membantu orangtua di rumah?
- Apakah kalian suka membantu orang tua di rumah?
- Pekerjaan apa yang kalian lakukan untuk membantu orangtua di rumah?”
Apa itu Gotong Royong?
Gotong royong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama. Seperti bekerja bersama teman-teman di kelas untuk membersihkan kelas. Atau membantu ibu membersihkan rumah. Gotong royong membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Gotong royong membuat kita menjadi lebih akrab dengan teman-teman dan keluarga. Gotong royong mengajarkan kita untuk saling membantu dan peduli terhadap orang lain.
Contoh Gotong Royong di Rumah
- Membantu ibu membersihkan rumah.
- Membantu ayah membersihkan halaman.
- Merapikan mainan bersama-sama.
- Mencuci piring bersama-sama setelah makan.
Manfaat Gotong Royong
- Pekerjaan menjadi lebih ringan.
- Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
- Mempererat persahabatan dan kekeluargaan.
- Menumbuhkan sikap saling membantu.
- Menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman
- Pekerjaan yang dilakukan bersama untuk mencapai tujuan bersama disebut....
- Gotong royong dapat menumbuhkan sikap....
- Membersihkan selokan dan lingkungan sekitar adalah contoh gotong royong yang dilakukan di lingkungan....
- Manfaat dari melakukan kegiatan gotong royong di lingkungan adalah...
- Salah sati contoh gotong royong di sekolah adalah....
- Jika kita melihat sampah plastik di meja, apa yang sebaiknya dilakukan...
- Apabila ada teman yang jatuh saat bermain sepak bola, sebaiknya kita....
- Contoh kegiatan yang tidak boleh dilakukan bersama adalah ....
- Kerjasama membuat kita dan teman-teman menjadi....
- Sikap yang ditumbuhkan dalam gotong royong adalah....
Yuk, sebelum belajar perhatikan video berikut ya anak-anak. Let's check it out!!^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar