Selasa, 05 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 2B, Rabu 6 Agustus 2025

Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Pendidikan Anti Korupsi & Pendidikan Pancasila

Kelas / Semester : 2B / 1

Hari, Tanggal : Rabu, 30 Juli 2025

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang mendengarkan secara aktif dan sopan saat orang lain berbicara atau membaca teks dan mengurutkan serta membandingkan bilangan. nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian PAk dan mempelajari . Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar bendera merah putih, Video lirik lagu Indonesia raya, LKPD. potongan kertas merah-putih

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
  3. Peserta didik dapat mengenali dan menggambarkan ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia.
  4.        Peserta didik dapat memahami makna warna merah dan putih pada bendera

📌 Materi PAK


 

📌Materi Pendidikan Pancasila



  • ·         “Siapa tahu nama lambang ini?”

    ·         “Apa kalian pernah melihat simbol ini? Di mana?”



  • Mengenal Simbol dan Sila Pancasila

  • 📗 Lambang Negara Indonesia

    -   Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila.

    -   Garuda adalah burung besar berwarna emas, lambang kekuatan dan kejayaan.

    -   Di bagian dada Garuda terdapat perisai yang berisi 5 simbol Pancasila.

    -   Cakar Garuda mencengkeram pita bertuliskan:

    -   "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya: Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

     

    📗 Bunyi dan Simbol Lima Sila Pancasila

    No

    Bunyi Sila

    Simbol di Perisai Garuda

    Makna Sederhana

    1

    Ketuhanan Yang Maha Esa

    🌟 Bintang Emas

    Percaya kepada Tuhan

    2

    Kemanusiaan yang adil dan beradab

    ⛓️ Rantai Emas

    Saling menghargai sesama manusia

    3

    Persatuan Indonesia

    🌳 Pohon Beringin

    Menjaga persatuan dan kesatuan

    4

    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan...

    🐃 Kepala Banteng

    Musyawarah dan bermufakat

    5

    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

    🌾 Padi dan Kapas

    Hidup adil dan sejahtera bersama

  • Latihan :





  • Refleksi dan kesimpulan


    Peserta didik mengerjakan penilaian sumatif harian terkait macam-macam perasaan, seperti senang, sedih, marah, dan takut. Berdasarkan hasil pengerjaan soal, sebagian besar peserta didik sudah dapat mengenali dan menyebutkan jenis-jenis perasaan dengan tepat. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah memahami materi dan mampu mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari.


    Pada mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi, peserta didik juga melaksanakan sumatif harian tentang sikap jujur. Soal-soal berisi situasi sederhana yang menguji pemahaman mereka dalam membedakan perilaku jujur dan tidak jujur. Secara umum, peserta didik dapat menjawab dengan benar dan menunjukkan pemahaman yang baik mengenai pentingnya bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah.


    Dalam pelajaran ini, peserta didik belajar mengenali simbol-simbol sila Pancasila dan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan Pancasila. Kegiatan dilakukan secara berkelompok, di mana masing-masing kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu atau menjelaskan simbol-simbol Pancasila. Peserta didik tampak percaya diri, aktif, dan kompak saat tampil. Kegiatan ini juga membantu menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta melatih keberanian dan kerja sama antar teman


    Kesimpulan:


    Secara keseluruhan, peserta didik mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dan penilaian dengan baik. Mereka mampu menunjukkan pemahaman tentang perasaan, sikap jujur, serta simbol dan lagu Pancasila. Kegiatan kelompok juga berjalan lancar dan menyenangkan. Pembelajaran hari ini tidak hanya menumbuhkan pengetahuan, tetapi juga memperkuat nilai karakter dan kerja sama antar peserta didik.



  • Senin, 04 Agustus 2025

    Materi Ajar Kelas 2B, Selasa 5 Agustus 2025

     Welcome to Grade 2B

     

    Nama Guru                : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

    Satuan Pendidikan    : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

    Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia & Matematika

    Kelas / Semester        : 2B / 1

    Hari, Tanggal             : Selasa, 5 Agustus 2025


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

     

    Hello, Kids! 

    Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

    Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

    Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

    Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

    Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Nah hari ini kita akan mempelajari cara menyimak cerita dengan baik serta mampu menemukan informasi pada cerita. Kita juga akan melaksanakan latihan terkait materi nilai tempat ratusanOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah. 

    📌 Metode dan Media ajar

    •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
    •        Media ajar: Video pembelajaran, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD

        📌 Capaian Pembelajaran (CP):

    1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

    2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan   cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian   dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

        📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

    1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
    2. Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

    📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
    2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
    3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
    4. Murid dapat membandingkan dua atau lebih bilangan cacah hingga 500.

    5. Murid dapat mengurutkan bilangan cacah hingga 500 secara naik dan turun.

    6. Murid dapat melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


    📌 Materi Bahasa Indonesia


     
    Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

    “Apa judul dari cerita tersebut?"

    "Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"

     
      

    Menuliskan kembali isi cerita

    Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri. 

    Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita

    • Melatih Pemahaman

    • Mengembangkan Kosakata

    • Melatih Keterampilan Menulis

    • Mengasah Daya Ingat

    Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita

    Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:

    1. Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.

    2. Menemukan Tokoh dan Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.

    3. Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.

    4. Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. 

    5. Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."


    Contoh Sederhana

    Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.

    • Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.

    • Latar: Di hutan.

    • Urutan Kejadian:

      • Kelinci menantang kura-kura lomba lari.

      • Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.

      • Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.

      • Kura-kura akhirnya menang lomba.

    • Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.

    Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:

    "Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."


    Latihan Soal!
    Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi ceritnya kemudian tuliskan kembali isi cerita "Kotak Kayu" dengan bahasamu sendiri! 

    📌Materi Matemaika


  • Menguraikan bilangan (dekomposisi) dan Menyusun (komposisi) bilangan 


    Dekomposisi Bilangan (Menguraikan Bilangan)

    Pengertian:

    Dekomposisi adalah memecah atau menguraikan bilangan menjadi bagian-bagian ratusan, puluhan, dan satuan.

    Contoh:

    • Bilangan 237 dapat diuraikan menjadi:
      • 200 + 30 + 7
      • Ratusan: 2 → 200
      • Puluhan: 3 → 30
      • Satuan: 7 → 7

    Bilangan

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    Dekomposisi

    145

    1

    4

    5

    100 + 40 + 5

    308

    3

    0

    8

    300 + 0 + 8

    420

    4

    2

    0

    400 + 20 + 0

     

    Komposisi Bilangan (Menyusun Bilangan)

    Pengertian:

    Komposisi adalah menyusun bilangan dari ratusan, puluhan, dan satuan.

    Contoh:

    • Dari 100 + 20 + 5, kita menyusun bilangan menjadi: 125
    • Dari 300 + 0 + 6, bilangan yang terbentuk adalah: 306

    Latihan Komposisi:

    1. Susun bilangan dari:
      a. 200 + 50 + 8 → 258
      b. 400 + 10 + 2 → 412

     

    Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

    Contoh 1:

    Ali membeli buku seharga 237 rupiah.
    Berapa nilai ratusan, puluhan, dan satuannya?

    • Jawaban:
      • Ratusan = 200
      • Puluhan = 30
      • Satuan = 7

    Contoh 2:

    Ibu membawa uang 300 rupiah, 20 rupiah, dan 5 rupiah.
    Berapa total uang ibu?

    • Komposisi: 300 + 20 + 5 = 325 rupiah

    Contoh 3:

    Di perpustakaan ada 145 buku.
    Berapa jumlah ratusan, puluhan, dan satuannya?
    → 100 + 40 + 5


  • LATIHAN!
  • A. Kegiatan 1 – Menguraikan Bilangan (Dekomposisi)

    Petunjuk: Uraikan bilangan berikut menjadi ratusan, puluhan, dan satuan!
    Contoh: 325 = 3 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan

    Bilangan

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    412

    237

    180

    509

     

    B. Kegiatan 2 – Menyusun Bilangan (Komposisi)

    Petunjuk: Susun bilangan dari ratusan, puluhan, dan satuan berikut!
    Contoh: 400 + 10 + 3 = 413

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    Bilangan

    300

    50

    2

    100

    70

    9

    200

    0

    8

    400

    20

    0

     

    C. Kegiatan 3 – Soal Cerita Kontekstual

    Petunjuk: Jawablah soal cerita berikut ini!

    1. Danu memiliki 3 ratusan kelereng, 2 puluhan, dan 7 satuan. Berapa jumlah kelereng Danu semuanya?
      ✍️ _______________________________________________________
    2. Ibu membeli buah: 1 bungkus berisi 100 apel, 3 kantong berisi 10 apel, dan 9 apel satuan.
      a. Berapa banyak apel yang dibeli Ibu seluruhnya?
      ✍️ _______________________________________________________





  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Peserta didik belajar menyimak cerita yang dibacakan oleh guru dengan tujuan melatih kemampuan mendengarkan dan memahami isi cerita. Setelah kegiatan menyimak, peserta didik melanjutkan dengan mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk menjawab pertanyaan berdasarkan isi cerita.

    Sebagian besar peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan tepat, menunjukkan bahwa mereka memahami alur cerita dan informasi penting di dalamnya. Kegiatan ini membantu mengasah keterampilan menyimak dan membaca pemahaman secara sederhana.


    Dalam pelajaran matematika, peserta didik belajar mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya, serta membandingkan bilangan dengan menggunakan tanda lebih dari (>), kurang dari (<), dan sama dengan (=).

    Melalui latihan dan diskusi, peserta didik mulai mampu menentukan urutan bilangan dan membandingkan dua angka dengan benar. Beberapa peserta didik masih membutuhkan bimbingan, namun secara keseluruhan mereka menunjukkan kemajuan dalam memahami konsep bilangan.


    Kesimpulan:


    Secara umum, peserta didik menunjukkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran hari ini. Mereka mulai memahami isi cerita melalui kegiatan menyimak dan mampu mengerjakan soal pada LKPD dengan baik. Dalam matematika, peserta didik menunjukkan pemahaman awal yang cukup baik terhadap materi mengurutkan dan membandingkan bilangan. Penguatan materi dan latihan rutin tetap diperlukan agar kemampuan mereka semakin berkembang.

    Minggu, 03 Agustus 2025

    Materi Ajar Kelas 2B, Senin 4 Agustus 2025

     Welcome to Grade 2B

     

    Nama Guru                : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

    Satuan Pendidikan    : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

    Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia & Seni Rupa

    Kelas / Semester        : 2B / 1

    Hari, Tanggal             : Senin, 4 Agustus 2025


    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

     

    Hello, Kids! 

    Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

    Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

    Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

    Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

    Bagaimana nih setelah libur sabtu dan minggu? pada jalan-jalan kemana ya sholeh-sholehah 2B? MasyaAllah semua happy ya, mudah-mudahan semakin tambah semangat lagi belajarnya aamiin

    Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang bunyi sila dan simbol pancasila dan menggambar dari gabungan macam-macam garis ya. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

    📌 Metode dan Media ajar

    -Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

    -Media ajar : Video pembelajarana berisi cerita singkat, Gambar macam-macam garis dan warna, contoh gambar gelas, dan benda lain disekitar. LKPD.

        📌 Capaian Pembelajaran (CP):

    1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.

    2. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

        📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

    1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.

    2. Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya

    📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.

    2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.

    3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.

    4. Murid dapat menjelaskan secara lisan atau tulisan sederhana tentang dua unsur rupa yang diamati.

    5. Murid menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari.

    📌 Materi Bahasa Indonesia

     

    Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!

    “Apa judul dari cerita tersebut?"

    "Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"

    Menuliskan kembali isi cerita

    Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri. 

    Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita

    Melatih Pemahaman

    Mengembangkan Kosakata

    Melatih Keterampilan Menulis

    Mengasah Daya Ingat

    Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita

    Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:

    1. Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.

    2. Menemukan Tokoh dan Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.

    3. Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.

    4. Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. 

    5. Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."

    ________________________________________

    Contoh Sederhana

    Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.

    Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.

    Latar: Di hutan.

    Urutan Kejadian:

    Kelinci menantang kura-kura lomba lari.

    Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.

    Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.

    Kura-kura akhirnya menang lomba.

    Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.

    Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:

    "Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."


    Latihan Soal!

    Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan isi ceritnya kemudian tuliskan kembali isi cerita "Kotak Kayu" dengan bahasamu sendiri! 

      


    📌Materi Seni Rupa

     


    MENGGAMBAR

    •  Menggambar adalah kegiatan membuat bentuk (menggabungkan berbagai macam garis) atau gambar menggunakan alat gambar seperti pensil atau crayon (warna).

    •  Kegiatan menggambar bisa dilakukan untuk mengekspresikan ide, perasaan, atau menceritakan sesuatu melalui gambar. Anak-anak biasanya menggambar benda di sekitarnya seperti rumah, pohon, hewan, atau keluarganya.

    •  Langkah-Langkah Menggambar Benda Sederhana

    1. Memilih Benda: Misalnya sebuah gelas, buku, atau buah.

    2. Menggambar Garis Dasar: Misalnya, jika menggambar gelas, anak bisa memulai dengan bentuk persegi panjang dan sedikit lengkungan di atasnya.

    3. Menambahkan Detail: Setelah bentuk dasar jadi, kita dapat menambahkan detail-detail kecil menggunakan garis.

    4. Mewarnai Gambar: Setelah semua garis selesai, warnailah  sesuai dengan benda aslinya, atau dapat berkreasi dengan warna yang diinginkan.

     

    •  LATIHAN!

    •  Buatlah sebuah gambar sederhana yang terinspirasi dari benda, hewan, atau tanaman di sekitarmu!

    •  contoh:

      

     


    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

        Peserta didik belajar menyimak cerita yang dibacakan oleh guru dengan tujuan melatih kemampuan mendengarkan dan memahami isi cerita. Setelah menyimak, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sederhana mengenai tokoh, peristiwa, dan isi cerita secara lisan. Mereka tampak fokus dan tertarik mengikuti alur cerita, serta mulai menunjukkan kemampuan memahami cerita dengan baik.

        Dalam pelajaran seni rupa, peserta didik diberikan gambar yang berisi berbagai macam garis, seperti garis lurus, lengkung, zig-zag, dan putus-putus. Mereka melakukan kegiatan mewarnai gambar tersebut sambil menyebutkan jenis-jenis garis yang ada pada gambar. Peserta didik tampak senang dan aktif selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini membantu mereka melatih kreativitas, koordinasi motorik halus, dan pemahaman visual terhadap bentuk garis.

          Kesimpulan:

         Pembelajaran hari ini berlangsung dengan baik. Peserta didik mulai mampu memahami isi cerita melalui kegiatan menyimak dan dapat menyebutkan jenis garis sambil mewarnai dengan rapi. Kegiatan yang variatif dan menyenangkan ini mampu meningkatkan keterampilan menyimak, motorik halus, serta daya kreativitas siswa. Latihan lanjutan tetap diperlukan agar keterampilan yang dimiliki semakin berkembang.

     


    © SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu