Rabu, 22 Oktober 2025

Bahasa Indonesia dan Matematika Kelas 2B

   Welcome to Grade 2B

 

Nama Guru                : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung

Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia & Matematika

Kelas / Semester        : 2B / 1

Hari, Tanggal             : Kamis, 23 Oktober 2025


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

 

Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah latihan soal mengenai materi penggunaan tanda seru pada kalimat perintah dan pendidikan pancasila tentang aturan dilingkungan keluarga dan sikap mandiri pada pelajaran PAK. Oke hari ini kita melanjutkan menulis tegak bersambung tentang kalimat perintah dan matematika tentang pola bukan bilangan yaitu bunyi/suara, oke pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


📌 Metode dan Media ajar

o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD


    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.  Murid menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3.   Murid dapat mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

1.  Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.

3. Mengenal aturan di  lingkungan keluarga


📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi sikap mandiri di lingkungan rumah dan sekolah.

6. Murid didik dapat mengenal aturan di  lingkungan keluarga / rumah



MATERI BAHASA INDONESIA


Materi: Penggunaan Tanda Seru pada Kalimat

1. Tanda Baca 

Tanda Seru digunakan diakhir kalimat

  • Kalimat Perintah
  • Kalimat Kesungguhan
  • Kalimat Ajakan
  • Kalimat Larangan

2. Fungsi Tanda Seru (!)

Tanda seru digunakan untuk mengekspresikan emosi yang kuat, perintah tegas atau penekanan dalam sebuah kalimat.

3. Intonasi Tanda Seru

Menyampaikan kalimat seru harus dengan santun.

1. Berbicara dengan halus

2. Berbicara dengan tidak menyinggung perasaan

3. Berbicara dengan nada yang sedang

4. Berbicara dengan volume yang tepat

5. Berbicara dengan melihar lawan bicara

Contoh:

  • Cepat bersiap untuk upacara! → Perintah.
  • Jangan bicara saat guru menjelaskan! → Larangan.
  • Hebat sekali kamu hari ini! → Ungkapan semangat.

Agar siswa memahami dengan mendalam:

  • Amati: Tampilkan dua kalimat, satu dengan tanda titik dan satu dengan tanda seru. Minta siswa membedakan maknanya.
    • “Tutup pintunya.”
    • “Tutup pintunya!”
  • Pahami: Diskusikan perasaan dan maksud penutur pada kalimat dengan tanda seru.
  • Terapkan: Ajak siswa membuat kalimat perintah mereka sendiri dengan tanda seru.

LATIHAN MENULIS :

Jangan lupa cuci tangan sebelum makan!


MATERI MATERMATIKA


Apa itu pola?
Pola adalah susunan yang berulang secara teratur.
Contohnya bisa kita lihat dalam warna, bentuk, bunyi atau gambar.

Contoh di sekitar kita:

·       Lantai kelas yang bergantian hitam dan putih

·       Warna di baju bergaris

·       Motif ubin, wallpaper, atau kain

 C. Jenis Pola yang Dipelajari

1.      Pola Warna
Contoh: 🔴 🟢 🔴 🟢 🔴 🟢 ____
→ Warna merah dan hijau diulang bergantian.
→ Pola selanjutnya: 🔴

2.      Pola Gambar atau Bentuk
Contoh:      ____
→ Gambar kotak hitam dan putih bergantian..
→ Pola selanjutnya: 

Pola tidak selalu berupa angka atau bentuk, tetapi juga bisa berupa bunyi.

Contohnya:

1.       Tepuk tangan – jentik jari – tepuk tangan – jentik jari

2.       “Tap-tap – diam – tap-tap – diam”  

Ini disebut pola bunyi berulang, karena urutan bunyinya terjadi secara teratur.

Contoh Pola Bunyi

·       Pola 1: Tepuk – Tepuk – Jentik – Tepuk – Tepuk – Jentik

·       Pola 2: Ketuk meja – Diam – Ketuk meja – Diam

·       Pola 3: Siulan – Tepuk – Siulan – Tepuk 


REFLEKSI & KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung Template designed by Juvmom - Sesukamu