Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia & Matematika
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Kamis, 9 Oktober 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang Menyusun Kalimat Matematika yang Seimbang dan memahami rambu rambu lalu lintas. Nah pada hari ini kita akan pada pelajaran bahasa indonesia menulis tegak bersambung mengenai kalimat yang berkaitan dengan rambu-rambu lalu lintas dan pelajaran matematika tentang pola bukan bilangan yaitu warna dan bentuk. Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
o Media ajar: Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam
topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Murid mampu merespons dengan bertanya tentang
sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau
orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan
secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid mampu menceritakan kembali suatu isi
informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang
dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
2. Murid dapat menunjukkan pemahaman makna symbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh :
Murid dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).
📌 Tujuan
Pembelajaran (TP)
1.
Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan
intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
2.
Mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan
(misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun
saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi
sesuai tempat dan lawan bicara.
3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun
melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam
situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara
dengan teman).
5. Murid dapat mengenali pola sederhana dari
susunan gambar atau warna.
Rambu-Rambu Lalu Lintas
(Tanda Peringatan)
Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.
Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.
Jangan mendorong;
Jangan membuka pintu;
Jangan memberi makan hewan;
Hati-hati lantai licin;
Hati-hati ada ayunan;
Hati-hati ombak besar;
Jangan sentuh stop kontak;
Hati-hati ketika melangkah;
Hati-hati barang panas.
Latihan Menulis : Sirene berbunyi sebagai tanda peringatan.
MATERI MATEMATIKA :
Contoh di sekitar kita:
·
Lantai kelas yang bergantian hitam dan
putih
·
Warna di baju bergaris
·
Motif ubin, wallpaper, atau kain
✅ C. Jenis Pola
yang Dipelajari
Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar