Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia & Matematika
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Selasa, 28 Oktober 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang penjelasan kata depan dan awalan "di" dan menyelesaikan kolase pohon sakura. hari ini kita akan belajar latihan tentang kata depan dan awalan "di" dan perbandingan panjang dan berat benda pada pelajaran matematika Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volum dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
- Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
Menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
- Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.Peserta didik dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
- Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya: berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
- Murid dapat dapat mengenal makna simbol "=" sebagai tanda kesamaan atau kesetaraan.
- Murid dapat menyusun dan membaca kalimat matematika dengan simbol "=" berdasarkan gambar.
- Murid dapat membuat sendiri kalimat matematika setara berdasarkan gambar atau cerita.
- Murid dapat memahami bahwa "=" menunjukkan dua sisi kalimat matematika yang nilainya sama.
- Murid dapat menuliskan kalimat matematika yang setara menggunakan simbol "=" (dengan penjumlahan dan pengurangan).
🌿 Materi Inti: Mengenal Kata Depan dan Awalan “di”
1. Konsep Dasar Bahasa
Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:
- Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
- Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.
Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.
2. Kata Depan “di” (Preposisi)
Ciri-ciri:
- Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
- Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
- Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Buku ada di meja | Menunjukkan lokasi buku |
Ibu memasak di dapur | Menunjukkan tempat aktivitas |
Kucing tidur di bawah kursi | Menunjukkan posisi kucing |
🧠 Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.
3. Awalan “di-” (Prefiks)
Ciri-ciri:
- Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
- Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
- Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.
Contoh dan makna:
Kalimat | Makna |
Pintu itu dibuka ayah | Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu |
Surat itu dikirim Dina | Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain |
Lantai disapu setiap pagi | Menunjukkan pekerjaan yang dilakukan pada objek |
Latihan :
📌Materi Matemaika
Materi Matematika
1. Konsep Panjang dan Pendek
-
Panjang artinya jarak dari satu ujung ke ujung lainnya.
-
Pendek artinya jarak yang lebih kecil dibanding benda lain.
-
Contoh:
-
Sapu lebih panjang dari pensil.
-
Sedotan lebih pendek dari penggaris.
-
-
Satuan tidak baku: jengkal, pensil, tali.
-
Satuan baku: sentimeter (cm), meter (m).
-
Alat ukur: penggaris, meteran.
🧩 Contoh Aktivitas:
Murid mengukur panjang meja dengan jengkal, lalu membandingkan hasilnya dengan teman → menyadari perlunya alat ukur baku agar hasilnya sama.
2. Konsep Berat dan Ringan
-
Berat menunjukkan seberapa ringan atau berat suatu benda.
-
Contoh:
-
Batu lebih berat dari kapas.
-
Buku lebih ringan dari tas berisi botol air.
-
-
Satuan tidak baku: batu kecil, kelereng, biji jagung.
-
Satuan baku: gram (g), kilogram (kg).
-
Alat ukur: timbangan dapur, timbangan badan, atau neraca mainan.
🧩 Contoh Aktivitas:
Murid menimbang beberapa benda seperti penghapus, buku, dan botol air dengan neraca sederhana, lalu membandingkan beratnya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar