Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia & Seni Rupa
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Senin, 6 Oktober 2025
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang grafik dan tempat umum serta mengenal warna panas, dingin dan netral. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkunga.
Murid mampu memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
- Menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyebutkan kembali informasi penting dari cerita
- Murid dapat menyusun kalimat tanya dengan kata tanya yang tepat (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
- Murid dapat menulis kalimat sederhana dengan struktur Subjek – Predikat – Objek secara benar/
- Murid dapat membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
- Murid dapat menyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.
HATI-HATI DIMANA SAJA
Tanda Peringatan
Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.
Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.
Jangan mendorong;
Jangan membuka pintu;
Jangan memberi makan hewan;
Hati-hati lantai licin;
Hati-hati ada ayunan;
Hati-hati ombak besar;
Jangan sentuh stop kontak;
Hati-hati ketika melangkah;
Hati-hati barang panas.
📌Materi Seni Rupa
1. A. Apa itu Pengalaman Visual?
Pengalaman visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:
· Pergi ke pasar bersama ibu.
· Bermain di taman.
· Melihat pelangi setelah hujan.
· Menonton pertunjukan wayang.
Pengalaman ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.
B. Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :
1. Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).
2. Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).
3. Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.
C. Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:
1. Ingat kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).
2. Ceritakan secara lisan kepada teman atau guru.
3. Buat gambar dari pengalaman tersebut.
4. Tambahkan warna agar lebih menarik.
5. Tampilkan hasil karya di depan kelas.
Alat dan Bahan:
· Kertas gambar
· Pensil
· Pensil warna/crayon/spidol
· Gunting dan lem (jika membuat kolase)
· Kertas warna (untuk kolase)
LKPD :
Menceritakan Karya (Penilaian Lisan/Praktik)
Petunjuk: Setelah selesai menggambar, ceritakan hasil karyamu kepada guru dan teman-teman!
Hal yang dapat kamu ceritakan:
Apa judul gambarmu?
Pengalaman apa yang kamu gambar?
Mengapa kamu memilih pengalaman itu?
Apa saja warna yang kamu gunakan?
- Bahasa Indonesia
Pada pembelajaran hari ini, peserta didik mempelajari materi tentang rambu-rambu lalu lintas. Siswa belajar mengenali berbagai jenis rambu seperti rambu peringatan, larangan, dan perintah. Sebagian besar siswa sudah mampu menyebutkan dan menjelaskan arti dari masing-masing rambu dengan baik. Pembelajaran berlangsung dengan lancar dan siswa tampak antusias karena materi dikaitkan dengan situasi di lingkungan sekitar mereka. - Seni Rupa
Pada pelajaran seni rupa, peserta didik melakukan kegiatan menggambar pohon kelapa sebagai bentuk pengalaman visual. Siswa mengekspresikan hasil pengamatan mereka melalui gambar yang beragam dan kreatif. Sebagian besar siswa sudah mampu menggambar dengan baik, meskipun beberapa masih perlu bimbingan dalam hal proporsi dan pewarnaan.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan dengan baik. Peserta didik aktif, antusias, dan mampu memahami materi baik dalam Bahasa Indonesia maupun Seni Rupa dengan hasil yang memuaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar